ADVERTISEMENT

Cerita Alex Rins Mulai Balapan dari Posisi 23 dan Finish ke-4 MotoGP Portugal

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 25 Apr 2022 09:56 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 20: MotoGP rider Alex Rins #42 of Spain and Team SUZUKI ECSTAR competes during the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 20, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Alex Rins berhasil finish ke-4 setelah memulai balapan dari posisi 23. Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto
Jakarta -

Kesalahan strategi membuat penampilan Alex Rins di sesi kualifikasi kurang cemerlang. Rins diketahui mengganti ke ban slick pada saat kondisi trek kering lalu mengubahnya lagi menjadi ban basah. Hal itu tentu sangat memakan waktu dalam sesi yang tersisa 15 menit. Alhasil, Rins harus memulai balapan dari posisi ke-23.

Tapi itu tampaknya bukan masalah berarti bagi pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol tersebut. Rins nyatanya tampil apik meski harus memulai balapan dari tempat ke-23. Ia menyelesaikan balapan di Autodromo Internacional do Algarve di posisi ke-4. Rins terpaut 9,633 detik dari jawara MotoGP Portugal Fabio Quartararo.

[Gambas:Instagram]



Pada putaran pertama, Rins langsung merangkak ke posisi 10. Kemudian pada lap kedua, Rins melaju ke posisi 9. Berlanjut pada lap keempat, Rins merangsek ke tempat ke-8. Kemudian pada lap ke-8 ia sudah berada di posisi 6. Rins terus memperbaiki posisinya hingga akhirnya bisa finish ke-4. Rins juga mendapat keuntungan dari insiden yang melibatkan Jack Miller dan rekan setimnya Joan Mir.

"Tidak mudah untuk menyalip banyak pebalap dari posisi 23 dan finish ke-4. Saya cukup kesulitan untuk mengelola ban depan terutama jelang balapan berakhir. Itu karena saya berusaha keras sepanjang balapan untuk menyalip dan memaksa motor mengerem ketika di tikungan pelan, saya berpikir bisa berdiri di podium," kata Rins dikutip MotoGP, Senin (25/4/2022).

Rins tak puas sampai di situ. Ia masih berusaha untuk bisa berdiri di podium. Rins berusaha membalap Aleix yang berada persis di depannya. Tapi sayangnya, ia mulai merasa kesulitan ketika berbelok ke kanan dengan kondisi ban depan.

Dalam balapan tersisa 4 lap, Rins melihat perbedaan waktu dengan Aleix terpaut 3,5 detik dan ia memutuskan untuk mempertahankan posisinya. Di benak Rins, ia harus bisa menyelesaikan balapan meski di posisi ke-4.

Pilihan Rins untuk bertahan dan bisa finish tentu bukan tanpa alasan. Rins saat ini duduk di posisi klasemen kedua MotoGP 2022 dengan poin 69. Poin tersebut sama dengan pemuncak klasemen Fabio Quartararo.

"Saya cukup percaya diri. Pekan ini bukan hal yang mudah bagi kami. Kami sangat kesulitan pada hari Jumat karena kondisi trek basah, hasil kualifikasi sangat buruk karena kesalahan strategi. Tapi saya selalu percaya dengan kemampuan diri sendiri untuk bisa menyelesaikan balapan dengan baik," beber Rins.

"Saat ini poin sama dengan Fabio, tapi terlalu dini untuk bicara kejuaraan dunia. Kini kami fokus ke Jerez," pungkasnya.



Simak Video "Bos Suzuki soal Pawang Hujan MotoGP: Belum Pernah Lihat Sebelumnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT