Safety Car F1 Diejek Jalannya Pelan kayak Kura-kura, Ini Pernyataan FIA

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 17 Apr 2022 16:22 WIB
Aston Martin Jadi Safety Car F1
Safety Car F1 Aston Martin. Foto: Dok. F1
Jakarta -

FIA, badan pengatur Formula 1, merilis pernyataan terkait kritik Max Verstappen soal safety car Aston Martin. Sebelumnya, Verstappen menyebut safety car Aston Martin jalannya terlalu pelan seperti kura-kura.

"Ada begitu sedikit grip dan juga safety car mengemudi sangat lambat, seperti kura-kura. Luar biasa," kata Verstappen setelah Grand Prix Australia belum lama ini.

Di ajang Formula 1 sebenarnya ada dua safety car, yaitu Aston Martin V8 Vantage dan Mercedes-AMG GT Black. Keduanya sama-sama menggunakan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter. Namun, Aston Martin V8 Vantage dinilai lebih lambat karena tidak memiliki sistem aerodinamis yang lebih baik dibanding Mercedes-AMG GT Blac.

Aston Martin Vantage F1 EditionAston Martin Vantage F1 Edition Foto: Dok. Aston Martin

"Yang pasti safety car Mercedes lebih cepat karena aero ekstra. Aston Martin sangat lambat. Pasti butuh grip lebih, karena ban kami sangat dingin," tambah Verstappen.

Pebalap Mercedes F1 George Russell juga mengatakan safety car Mercedes sekitar 5 detik lebih cepat dari Aston Martin. Menjawab kritikan tersebut, FIA merilis pernyataan resmi. Dikatakan, lambatnya laju safety car karena alasan keamanan.

"Mengingat komentar baru-baru ini mengenai kecepatan FIA Formula 1 Safety Car, FIA ingin menegaskan kembali fungsi utama dari FIA Formula 1 Safety Car, tentu saja, bukan kecepatan langsung tetapi keselamatan pengemudi, marshal, dan ofisial," kata pernyataan resmi FIA.

Aston Martin Jadi Safety Car F1Aston Martin Jadi Safety Car F1 Foto: Dok. F1

"Prosedur Safety Car mempertimbangkan beberapa tujuan, tergantung pada insiden yang dimaksud, termasuk persyaratan untuk 'mengumpulkan' lapangan, menegosiasikan pemulihan insiden atau puing-puing di trek dengan cara yang aman dan menyesuaikan kecepatan tergantung pada kegiatan pemulihan yang mungkin sedang berlangsung di bagian trek yang berbeda," ujarnya.

Kecepatan Safety Car umumnya ditentukan oleh Race Control dan tidak dibatasi oleh kemampuan Safety Cars. Apalagi, lanjut FIA, safety car yang digunakan merupakan kendaraan berperforma tinggi yang disiapkan oleh dua pabrikan top dunia, yang diperlengkapi untuk menghadapi kondisi lintasan yang berubah-ubah. Safety car juga dikendarai oleh pengemudi dan co-driver yang sangat berpengalaman dan cakap.

"Dampak kecepatan Safety Car terhadap performa mobil-mobil berikut ini merupakan pertimbangan kedua, karena dampaknya sama di antara semua pesaing yang, seperti biasa, bertanggung jawab untuk mengemudi dengan cara yang aman setiap saat sesuai dengan kondisi mobil dan sirkuit mereka."

(rgr/lua)