ADVERTISEMENT

Valentino Rossi Juga Pernah Seperti Marquez, Start Paling Belakang Finish ke-4

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 12 Apr 2022 18:49 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 08: Valentino Rossi of Italy and Movistar Yamaha MotoGP greets the fans at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Valencia - Race at Ricardo Tormo Circuit on November 8, 2015 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Di MotoGP Valencia 2015, Valentino Rossi mulai balapan dari posisi paling belakang hingga finish ke-4. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Marc Marquez memulai balapan MotoGP Amerika dari posisi ke-9. Namun entah apa yang terjadi, motor RCV213V tunggangan Marquez tiba-tiba loyo dan harus tertinggal dari pebalap lainnya. Beruntung permasalahan itu tak berlangsung lama.

Sesaat setelah merasa motornya kembali normal, ia langsung mengejar pebalap di depannya. Alhasil, Marquez merampungkan 20 putaran di Red Bull Grand Prix of The Americas di posisi ke-6.

Aksi menyusul dari posisi belakang hingga merangkak ke depan juga sempat dilakukan oleh mantan pebalap MotoGP Valentino Rossi. Bedanya, kondisi motor Rossi kala itu tidak bermasalah dan memulai balapan dari posisi paling buncit.

Sekadar kilas balik, saat itu Rossi yang masih membela tim Movistar Yamaha mendapat hukuman dari Race Direction atas insiden jatuhnya Marc Marquez di Sepang. Race Direction kemudian memberikan penalti sebanyak tiga poin. Secara akumulasi, Rossi telah diganjar empat poin.

Marc Marquez (93), of Spain, steers through a turn during an open practice session for the MotoGP Grand Prix of the Americas motorcycle race at the Circuit of the Americas, Saturday, April 9, 2022, in Austin, Texas. (AP Photo/Eric Gay)Marc Marquez finis keenam setelah sempat tercecer ke posisi paling belakang (AP Photo/Eric Gay) Foto: AP/Eric Gay

Adapun setiap pebalap yang mencapai empat poin penalti akan mengawali balapan berikutnya dari posisi paling belakang. Dengan begitu, 'The Doctor' harus rela memulai balapan dari posisi terakhir MotoGP Valencia 2015.

Rossi juga melakukan start dengan mulus. Ia langsung merangsek ke posisi 15 usai putaran pertama setelah menyalip 11 pebalap di depannya. Berlanjut pada putaran kedua, Rossi sudah berasa pada posisi 11.

Tak berhenti sampai di situ. Setiap kesempatan tak disia-siakan oleh Rossi. Pada putaran ketiga ia sudah berhasil bercokol di posisi 9 dan terus berusaha mengejar Danillo Petrucci dan Bradley Smith yang berada di depannya.

Setelah balapan berlangsung 12 putaran, Rossi akhirnya bisa merebut posisi ke-4. Sayangnya, hingga akhir balapan Rossi tidak sanggup mengejar Dani Pedrosa, Marquez, dan Jorge Lorenzo di posisi 1-3.

Alhasil, ia juga harus puas menyerahkan mahkota jawara MotoGP 2015 kepada Lorenzo. Persaingan keduanya pada musim itu cukup sengit. Lorenzo dinobatkan jadi juara MotoGP 2015 setelah unggul 5 poin dari rekan setimnya itu.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT