ADVERTISEMENT

Aduh, Valentino Rossi Bingung Masuk Pit saat Debut Balap GT World Challenge

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 14:33 WIB
Valentino Rossi dan mobil balapnya WRT - W Racing Team
Ilustrasi mobil balap Valentino Rossi GT World Challenge Foto: Twitter WRT - W Racing Team
Jakarta -

Valentino Rossi menjalani debutnya di ajang balap mobil GT World Challenge Europe 2022 dengan hasil kurang memuaskan. Sebab, Rossi melakukan kesalahan fatal yang berujung merugikan tim.

Usai memutuskan gantung helm dari MotoGP, Rossi melanjutkan karier balapnya bersama W Racing Team (WRT). Rossi tak sendiri, ia bergabung dengan rekan setimnya yakni Frederic Vervisch dan Nico Muller di ajang GT World Challenge Europe 2022.

Seri pembuka sekaligus debut perdana Rossi berlangsung di Sirkuit Imola, Italia, pada Minggu (3/4/2022). Cukup disesalkan, performa Rossi masih kurang maksimal dan malah berujung blunder.

Dalam balapan yang berlangsung selama 3 jam tersebut, ketiga pebalap dari WRT akan bergantian mengendarai Audi R8 LMS GT3 Evo II. Ketika balapan menyisakan 1 jam lagi, di sini kesalahan Rossi terjadi.

Kala itu, Rossi seharusnya melakukan pergantian dengan pebalap lain. Ketika memasuki pit, Rossi nampak kebingungan mencari garasi milik timnya. Bahkan, mekanik yang membawa penanda nomor balap sempat mengejar untuk memberitahu Rossi, namun pria asal Italia itu masih belum sadar.

Valentino Rossi dan mobil balapnya WRT - W Racing TeamValentino Rossi dan mobil balapnya WRT - W Racing Team Foto: Twitter WRT - W Racing Team

Alhasil, Rossi melewatkan kesempatan pergantian pebalap dan ia harus melakukan satu putaran lap lagi agar bisa masuk ke dalam pit.

Sayangnya, hal ini membuat posisi WRT malah turun, dari yang awalnya berada di posisi ke-14 dan berpeluang naik ke peringkat 10 besar, justru mereka harus puas finis di urutan ke-17.

"Sungguh memalukan, karena kami bisa melakukannya dengan baik. Kesalahan bodoh di pit membuat kami membuang banyak waktu," kata Rossi dikutip Sky Sport.

"Saya sudah masuk ke pitlane dan sayangnya, mekanik saya yang membawa penanda malah terhalang oleh mobil lain. Saya sempat mencari dia, tapi dia terlambat keluar. Saya kemudian terus mencari, tapi dia tetap tidak terlihat," jelas pebalap berusia 42 tahun itu.

Pasca kejadian tersebut, Rossi mengaku darahnya sampai membeku. Namun pebalap yang telah mengoleksi sembilan kali juara dunia MotoGP itu mengatakan cukup puas dan menikmati balapan mobil.

"Darahku sempat membeku, itu adalah kesalahan bodoh yang membuat kami kehilangan banyak waktu, sangat disayangkan sekali," ujarnya.

"Tapi secara keseluruhan bagus, saya sangat menikmatinya. Saya meraih beberapa waktu yang baik dan saya harus lebih banyak belajar," tutur Rossi.

Setelah tampil di Italia, Rossi dan tim WRT akan melanjutkan balapan dalam seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Brands Hatch, Inggris, pada 30 April hingga 1 Mei 2022.





Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT