Tak Cuma Valentino Rossi, Jorge Lorenzo Terjun ke Dunia Balap Mobil Juga

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 09 Apr 2022 11:08 WIB
Lorenzo akan memulai debut balap dirinya pada ajang Porsche Mobil 1 Supercup ke-30.
Jorge Lorenzo kembali ke dunia balap. (Porche)
Jakarta -

Usai memutuskan pensiun dari dunia MotoGP beberapa tahun lalu, Jorge Lorenzo secara resmi kembali ke ajang balap. Namun kali ini tidak menunggangi kuda besi, melainkan berada di dalam kemudi mobil balap. Wah, sama seperti Valentino Rossi, ya?

Berbeda dengan Valentino Rossi yang melakukan debut balapnya pada ajang GT World Challenge Europe 2022, Lorenzo dipastikan akan tampil dalam ajang Porsche Mobil 1 Supercup ke-30. Meski begitu, Lorenzo tidak akan turun satu musim penuh di kompetisi tersebut. Namun, ia akan tampil reguler dalam ajang Italian Porsche Carrera Cup tahun ini.

Pria asal Spanyol itu akan mengendarai sebuah mobil VIP dengan nomor 911 yang telah disediakan oleh Porsche Motorsport. Sebelum terjun ke kompetisi balap mobil, Lorenzo akan mengikuti tes pra musim Supercup terlebih dahulu di Sirkuit Imola, Italia.

Selain itu ia juga pernah mengikuti kompetisi Porsche 911 GT3 Cup. Bahkan, peraih lima kali gelar juara dunia MotoGP itu pernah mengikuti kompetisi E-sports Porsche Carrera Cup Italia.

Sayangnya, keikutsertaan Lorenzo di ajang balap virtual tersebut masih belum bisa mengobati rasa rindu dengan kompetisi balap. Maka dari itu, ia akan terjun ke ajang balap mobil tahun ini.

"Setelah pensiun dari MotoGP, saya merasakan rindu dengan kompetisi balap, jadi saya mencari sesuatu yang lebih aman daripada balap motor. Tahun lalu saya sempat mengikuti beberapa balapan virtual di Porsche Carrera Cup Italia versi E-sports. Kini saya beralih ke Porsche 911 GT3 Cup yang asli dan merupakan langkah saya selanjutnya," kata Jorge Lorenzo dalam keterangan resmi.

Lorenzo akan memulai debut balap dirinya pada ajang Porsche Mobil 1 Supercup ke-30.Lorenzo akan memulai debut balap dirinya pada ajang Porsche Mobil 1 Supercup ke-30. Foto: doc. Porche

Meski begitu, ia mengaku harus lebih banyak belajar lagi sebab belum bisa menguasai mobil balap sepenuhnya. Dirinya pun tak sabar untuk bisa mengikuti ajang balap mobil yang sebentar lagi akan digelar.

"Saya masih harus banyak belajar lagi, tetapi saya sangat menantikan Porsche Carrera Cup Italia dan Porsche Mobil 1 Supercup," ungkapnya.

Selain Lorenzo, sebanyak 35 pebalap dari 13 negara akan ambil bagian dalam tes pramusim di Sirkuit Imola, untuk bersiap mengikuti ajang Supercup musim ini.

Jorge Lorenzo mengikuti jejak Valentino Rossi yang juga ikut terjun di dunia balap mobil usai menyatakan pensiun dari MotoGP. Namun, baik Rossi dan Lorenzo mengikuti ajang balap yang berbeda.

Valentino Rossi ikut serta di ajang GT World Challenge Europe 2022. The Doctor bergabung dengan tim balap asal Belgia, W Racing Team (WRT). Rossi tak sendiri, ia bergabung dengan rekan setimnya yakni Frederic Vervisch dan Nico Muller.

Rossi pun langsung diturunkan di seri perdana yang digelar di Sirkuit Imola, Italia, pada Minggu (3/4/2022). Sayangnya, performa Rossi masih kurang maksimal dan malah berujung blunder, yakni sempat gagal melakukan pergantian pebalap dan alhasil timnya harus finis di posisi ke-17.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)