ADVERTISEMENT

Cerita Morbidelli saat Ban Motornya Bocor, Hampir Kecelakaan Highside

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 05 Apr 2022 11:48 WIB
Monster Energy Yamaha MotoGPs Italian rider Franco Morbidelli takes part in the first day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 5, 2022. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)
Franco Morbidelli di MotoGP Argentina. Ban motor bocor membuat dia gagal menuntaskan balapan. (Foto: AFP/AHMAD FADALI)
Jakarta -

Franco Morbidelli gagal finis di balapan MotoGP Argentina 2022. Penyebabnya, ban motor Yamaha YZR-M1 tunggangan Morbidelli bocor. Begini cerita Morbidelli saat ban motornya kempis.

Rider tim Monster Energy Yamaha itu harus menyelesaikan balapan lebih dulu karena ban motornya bocor. Ini menjadi momen yang jarang terjadi di MotoGP.

"Saya mengalami ban bocor. Ini nasib buruk. Saya benar-benar tidak tahu harus berkata apa, terkadang... itu bisa terjadi," kata Morbidelli kepada pers.

Ditanya tentang penyebab ban bocor, Morbidelli tidak mengetahui secara pasti. Namun dia bilang, untungnya dengan ban bocor itu Morbidelli bisa mengendalikan motornya tanpa kecelakaan.

"Saya mungkin telah menabrak sesuatu. Kami bahkan tidak tahu apa yang terjadi. Bisa jadi, sesuatu menghantam (ban motor) saya. Kami tidak tahu pasti apa yang terjadi," ujar pebalap asal Italia yang merupakan murid Valentino Rossi itu.

"Saya kehilangan beberapa kekuatan awal melawan merek lain pada ban baru. Mereka berhasil memiliki grip ekstra yang memungkinkan mereka untuk menyalip meskipun mereka tidak memiliki kecepatan yang unggul. Tapi saya sedang memulihkan diri, saya menyalip KTM, Darryn (Binder), dan saya tepat di belakang (Marco) Bezzecchi. Tapi kemudian saya harus berhenti. Untungnya saya berhasil tetap berada di atas motor, karena saya akan mengalami (kecelakaan) highside yang besar, tetapi saya mengendalikannya tepat waktu," ucap Morbidelli dikutip Motorcycle Sports.

Pebalap asal Italia itu tidak mengerti apa yang jadi penyebab ban motornya bocor. Padahal, ia mengaku telah mengalami peningkatan di sesi warm-up.

"Kami tidak mengerti apa yang menyebabkan ban bocor itu, sial. Kami telah membuat peningkatan yang baik pagi ini di putaran kedua pemanasan, kami memiliki kecepatan yang baik," ujar Morbidelli dikutip Corsedimoto.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT