ADVERTISEMENT

Bos Suzuki Nggak Puas dengan Hasil MotoGP Mandalika, 'Ngebet' Pengen Balik Lagi

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 23 Mar 2022 14:28 WIB
Shinichi Sahara
Shinichi Sahara (Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Tim Suzuki Ecstar berhasil mendulang poin di Pertamina Grand Prix of Indonesia. Tapi ternyata bos Suzuki, Project Leader dan Team Director of MotoGP Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara belum puas akan hasil timnya lho.

Balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika dalam kondisi basah, Minggu (20/3/2022). Alex Rins yang start dari posisi 8 mampu memperbaiki peringkat dengan finis di tempat kelima.

Joan Mir pun tampil meyakinkan, dia berhasil memperbaiki ke posisi 6. Padahal rider Spanyol ini start dari tempat ke-18.

Project Leader dan Team Director of MotoGP Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara mengaku senang bisa balapan di hadapan publik Indonesia. Hanya saja dia tak terlalu suka dengan kondisi balapan basah. Walau gagal podium, setidaknya para pebalap Suzuki mengamankan poin.

"Saya senang balapan di sini. Hanya saja sebelum memulai balapan hujan besar datang. Hasilnya memang tidak memuaskan bagi saya," ujar Shinichi saat ditemui di dealer Suzuki Sejahtera Buana Strada di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (22/3/2022).

"Sejujurnya kita bisa lebih baik, okay kita berhasil membawa pulang poin untuk kejuaraan, ini sangat penting bagi kita untuk bertarung memperebutkan gelar. Tapi saya pikir dengan potensi kami podium bagi Joan dan Alex bisa positif. Jadi saya tidak puas (hasil MotoGP Mandalika), tapi di sisi lain kita menyelesaikan balapan tanpa crash," ujar Sahara.

Sahara mengatakan timnya lebih kuat jika balapan digelar pada kondisi kering.

"Sejujurnya kami lebih kuat dalam kondisi kering. Karena kami sangat cepat dalam sesi tes baik Joan (Mir) dan Alex (Rins)," ungkap Sahara.

Dia melanjutkan saat race diputuskan dalam kondisi basah. Timnya kembali melakukan penyetelan ulang. Diakuinya, saat sesi tes pramusim hingga kualifikasi cuaca di Sirkuit Pertamina Mandalika sangat berbeda.

"Setelah pergantian ban, kami butuh banyak waktu untuk melakukan settingan pada motor, juga gaya berkendara untuk ban baru," ujar Sahara.

"Kondisi trek-nya juga berbeda ketika saat melakukan pengujian. Sampai akhirnya kita menemukan kombinasi yang tepat antara motor dan hal-hal yang baru," ungkap dia.

Shinichi SaharaShinichi Sahara Foto: Ridwan Arifin

Well, Sahara mengakui para rider sudah menemui feeling yang tepat dengan motor barunya, Suzuki GSX-RR 2022. Dengan modal yang didapat usai balapan perdana di Sirkuit Mandalika, Sahara yakin akan lebih kuat di tahun mendatang.

"Saya pikir kita akan menjadi lebih kuat ketika balapan lagi di Mandalika, saya tidak sabar untuk bisa balapan lagi di sini tahun depan," ceplos dia.

Joan Mir sendiri kini berada di peringkat kesembilan Klasemen MotoGP sementara dengan koleksi 20 poin. Sebelumnya di Qatar, juara dunia MotoGP 2020 itu juga finis di posisi keenam.

Rekan setimnya, Alex Rins berada di tempat ke-8. Dia juga sudah mengoleksi 20 poin. Pada MotoGP Qatar, Rins menuntaskan balapan di peringkat ke-7. Lalu dia finis kelima di MotoGP Mandalika.



Simak Video "Bos Suzuki soal Pawang Hujan MotoGP: Belum Pernah Lihat Sebelumnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT