ADVERTISEMENT

Motor Balap KTM RC16 MotoGP Ternyata Pernah Dijual untuk Umum, Harganya Rp 4 Miliar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 22 Mar 2022 16:19 WIB
Portuguese rider Miguel Aliveira of Red Bull KTM Factory Racing in action during the third free practice at Pertamina Mandalika Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Saturday, March 19, 2022. (AP Photo/Achmad Ibrahim)
Miguel Oliviera Foto: AP/Achmad Ibrahim
Jakarta -

Pebalap tim Red Bull KTM, Miguel Oliveira, berhasil menjadi pemenang dalam seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022. Menariknya, kuda besi yang dipakai yakni KTM RC16 ternyata pernah dijual dengan mengusung full spesifikasi balap.

Saat tampil di Sirkuit Pertamina Mandalika, Miguel Oliveira mampu menjadi pemenang usai melahap 20 lap dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Pebalap asal Portugal itu hanya membutuhkan empat lap saja untuk merebut posisi terdepan.

Padahal, Oliveira memulai balapan dari posisi ketujuh dan harus bersaing dengan pebalap lain di tengah kondisi cuaca yang buruk. Namun tak disangka, Oliveira berhasil melenggang mulus tak terkejar hingga garis finis.

Salah satu yang jadi sorotan atas kemenangan Oliveira di Sirkuit Pertamina Mandalika adalah motor balapnya. Bergabung dengan tim Red Bull KTM, Oliveira menunggangi KTM RC16 yang mengusung spesifikasi mumpuni.

Nah ternyata, motor balap milik tim KTM itu pernah dijual secara umum. Motor balap yang dimaksud adalah benar-benar motor yang dipakai di sirkuit oleh pebalap KTM MotoGP.

Portugal's Miguel Aliveira of Red Bull KTM Factory Racing, left, leads Australian rider Jack Miller of Ducati Lenovo team, center, French rider Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP, right, during Moto GP Pertamina Grand Prix of Indonesia at the Pertamina Mandalika Circuit in Mandalika, Lombok Island, Indonesia, Sunday, March 20, 2022.(AP Photo/Achmad Ibrahim)Portugal's Miguel Oliveira of Red Bull KTM Factory Racing di posisi terdepan, (AP Photo/Achmad Ibrahim) Foto: (AP/Achmad Ibrahim)

Dikutip dari berbagai sumber, motor balap KTM yang dijual itu merupakan tipe RC16 tahun 2019. Motor tersebut memiliki full spesifikasi untuk balapan MotoGP dan pernah digunakan oleh Pol Espargaro, sebelum ia bergabung dengan tim Repsol Honda pada musim 2021.

KTM RC16 2019 yang dijual tersebut pernah dipakai oleh Pol Espargaro ketika berhasil meraih posisi start kedua dalam seri MotoGP San Marino, 2019 silam. Di musim yang sama, pebalap asal Spanyol itu berhasil finis di urutan ke-11 klasemen MotoGP dengan mendulang 100 poin.

Kemudian pada tahun 2020 motor KTM RC16 bekas Pol Espargaro itu akhirnya dijual untuk umum. KTM hanya menjual sebanyak dua unit kuda besi tersebut dengan harga cukup fantastis, yakni 288.000 euro atau sekitar Rp 4,5 miliar per unit.

Selain mendapatkan motor, pembeli juga akan membawa pulang wearpack, helm yang telah ditandatangani oleh Pol Espargaro, dan paket nonton VIP MotoGP untuk seluruh balapan di sirkuit.

Sedikit membahas soal spesifikasi, KTM RC16 mengusung mesin V4 berkapasitas 1.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 265 hp. Punya mesin gahar, KTM RC16 mampu menempuh kecepatan maksimal hingga 340 km per jam.

Selain itu ada sejumlah perangkat elektronik canggih di motor balap tersebut seperti Drive by Wire, Engine Braking, Quickshifter, Traction Control, Wheelie Control, Pit Lane Limiter, hingga Launch Control.



Simak Video "Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT