ADVERTISEMENT

Nostalgia Rossi Juara di Sentul 25 Tahun Lalu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 17 Mar 2022 06:30 WIB
Aksi Valentino Rossi di Sentul Tahun 1997
Aksi Valentino Rossi di Sentul Tahun 1997. (Foto: Dok MotoGP)
Jakarta -

Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah MotoGP. Kali terakhir Indonesia menggelar MotoGP adalah 25 tahun lalu, tepatnya pada 1997.

Kala itu, Sirkuit Internasional Sentul menjadi tuan rumah gelaran 'Marlboro Indonesia Grand Prix 97'. Instagram MotoGP membagikan momen nostalgia ketika Indonesia terakhir kali menggelar balapan tersebut di Sentul.

Dalam sebuah video yang diunggah akun MotoGP, tampak terlihat masyarakat menyerbu Sirkuit Sentul untuk menyaksikan langsung Indonesia Grand Prix 97. Tak sedikit juga warga asing yang terlihat duduk di tribun penonton bersama dengan warga lokal.

Dalam unggahan lainnya, MotoGP juga menampilkan video nostalgia saat Valentino Rossi menjadi juara di kelas 125 cc di Sirkuit Sentul.

"25 tahun lalu adalah kali terakhir kami balapan di Indonesia," tulis MotoGP di Instagramnya.

Unggahan itu menampilkan momen Valentino Rossi kebut-kebutan di Sentul pakai motor 125 cc. Sirkuit Sentul menjadi saksi munculnya legenda pembalap MotoGP, Valentino Rossi. Saat itu, ia menyabet juara dunia balap motor kelas 125cc di usia 18 tahun.

[Gambas:Instagram]



Ketika itu, Rossi masih tergabung dalam tim Nastro Azzuro Aprilia. Rossi berhasil memenangi tantangan Kazuto Sakata. Ia lebih unggul dari Sakata dengan catatan waktu 41 menit 14,511 detik, unggul 3,028 detik. Dengan catatan waktu tersebut, Rossi memijak podium tertinggi di Sirkuit Sentul untuk kelas 125 cc.

Setelah 25 tahun berlalu, Indonesia akhirnya kembali menggelar MotoGP. Bukan di Sentul, kali ini sirkuit baru Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah MotoGP 2022 akhir pekan ini. Namun, Rossi yang jadi juara di kelas 125 cc di Sentul 25 tahun lalu tak akan tampil di Pertamina Mandalika International Street Circuit mengingat pebalap asal Italia itu sudah pensiun. Musim ini, Rossi lebih memilih balapan mobil.



Simak Video "Dorna Tidak Terima Aturan Karantina, Bagaimana Nasib MotoGP Mandalika?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT