ADVERTISEMENT

Jelang MotoGP Mandalika, Lihat Lagi Gelaran MotoGP di Sentul 25 Tahun Lalu!

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 15 Mar 2022 13:14 WIB
MotoGP Sentul 1997
Penonton Grand Prix Indonesia di Sentul tahun 1997. (Dok.MotoGP)
Jakarta -

Antusiasme masyarakat Indonesia akan balapan MotoGP tak perlu diragukan lagi. Bisa dilihat saat tes pramusim berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, warga sekitar tampak antusias melihat balapan dari dekat walaupun berlangsung tertutup.

Tapi jauh sebelum MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, besarnya antusiasme itu juga terlihat 25 tahun lalu. Kala itu belum MotoGP namanya melainkan Grand Prix digelar di Sirkuit Sentul tahun 1997. Di kelas premier masih dihuni oleh motor berkapasitas 500 cc.

Dalam sebuah video yang diunggah akun MotoGP, tampak terlihat masyarakat menyerbu Sirkuit Sentul untuk menyaksikan langsung 'Marlboro Indonesia Grand Prix 97'. Tak sedikit juga warga asing yang terlihat duduk di tribun penonton bersama dengan warga lokal.

"Dari Sirkuit Internasional Sentul tahun 1997 ke Sirkuit Pertamina Mandalika tahun 2022. Energi di grandstand sangat terasa dan kami percaya bakal merasakannya lagi pekan ini," tulis MotoGP.

[Gambas:Instagram]

Kini Sentul tak lagi digunakan untuk balapan MotoGP. Pertamina Mandalika International Street Circuit akan digunakan untuk balapan MotoGP 18-20 Maret 2022.

Adapun jumlah penonton MotoGP Mandalika paling banyak 60.000 orang dengan kelas festival maksimal 10 persen dari penonton. Bagi seluruh crew, official, dan penonton yang telah mendapatkan vaksin sebanyak 2 kali tidak diwajibkan menunjukkan hasil Rapid Tes-PCR atau Rapid Test Antigen.

Rangkaian MotoGP Mandalika 2022 dimulai pada Kamis, 17 Maret 2022, di mana akan dilakukan terlebih dahulu pengecekan lintasan atau trek, termasuk program riders track familiarisation agar para pebalap lebih mengenal lay out Sirkuit Mandalika.

Sebelum para pebalap memulai aktivitasnya di Sirkuit Mandalika mulai 17 Maret 2022, beberapa di antaranya dijadwalkan untuk mengikuti parade bersama Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 16 Maret 2022.

Line-up akan terdiri dari 16 pebalap MotoGP, bersama dengan dua dari Moto2, satu dari Moto3 dan satu dari Asia Talent Cup. Beberapa nama beken yang ikut serta dalam parade ini adalah Marc Marquez, Joan Mir, Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Jack Miller, termasuk juga Enea Bastianini.



Simak Video "Aspal Mandalika Dikeluhkan Pembalap, Bos Dorna Ungkap Ada Kesalahan Desain"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT