Foto Bareng Pebalap MotoGP, Jokowi Pede Tenteng Helm Lokal Harga Rp 600 Ribuan

ADVERTISEMENT

Foto Bareng Pebalap MotoGP, Jokowi Pede Tenteng Helm Lokal Harga Rp 600 Ribuan

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 16 Mar 2022 11:01 WIB
Presiden Jokowi menerima pebalap MotoGP di Istana Merdeka (16/3/2022)
Presiden Jokowi menerima pebalap MotoGP di Istana Merdeka (16/3/2022) (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Jokowi menerima sejumlah pebalap MotoGP, Moto2, Moto3, dan ATC di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Jokowi juga melakukan sesi foto dengan para rider. Menariknya, Jokowi menenteng produk helm lokal yang harganya kisaran Rp 600 ribuan.

Para rider dari berbagai kelas balap melakukan parade di Jakarta (16/3) sebelum menuju Sirkuit Pertamina Mandalika, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka melakukan audiensi dengan Presiden Jokowi dan mengikuti konvoi di jalanan Jakarta.

Dalam salah satu sesi, Jokowi juga melakukan foto satu per satu bersama pebalap MotoGP. Jokowi memakai outfit jaket berwarna merah bertuliskan 'G20', serta setelan celana riding. Jokowi juga menenteng helm open face warna silver merek 'RSV' buatan Bandung.

Jika dilihat dari bentuknya, helm tersebut merupakan RSV tipe SV300. Sebelumnya helm tipe ini juga pernah digunakan Jokowi saat meresmikan Sirkuit Mandalika pada bulan November 2021 lalu. Saat itu Jokowi menggunakan RSV SV300 warna hitam metalik.

RSV SV300RSV SV300 Foto: Dok. RSV Helmet Indonesia

Sebagai informasi, RSV SV300 merupakan helm tipe open face, yang dilengkapi sun visor untuk kenyamanan saat berkendara di siang hari. Helm jenis ini diklaim cocok untuk penggunaan harian dengan jarak berkendara yang dekat. Helm ini dijual seharga Rp 610.000.

Menurut Executive Director RSV Helmet Indonesia, Richard Ryan, helm RSV SV300 dilengkapi lima fitur utama, meliputi sun visor berwarna gelap dengan switch di kiri helm untuk menaikkan dan menurunkannya.

Helm dengan berat mencapai 1.300 gram ini juga dilengkapi spoiler dengan warna senada kelir dari helm itu sendiri. Adanya spoiler berfungsi mengaliri arah angin.

"Tak perlu khawatir dengan aliran angin ke dalam helm. Sebab telah tersedia lubang ventilasi pada bagian atas. Selain itu, SV300 juga dibekali penahan visor (visor stopper) yang terletak di kanan-kiri helm dekat dagu pengguna. Untuk urusan keamanan, strap SV300 telah menerapkan sistem DD-ring," ujar Richard.

Cangkang SV300 diklaim terbuat dari 100 persen bahan plastik ABS, selain tentunya telah terpenuhinya Standar Nasional Indonesia (SNI), bahkan helm ini punya sertifikasi DOT dan ECE.

RSV SV300 tersedia dalam lima pilihan warna yaitu White Glossy, Black Glossy, Modern Grey, Black Mate, dan Blue Mate, dengan berbagai ukuran M (57- 58), L (59-60), XL (61-62) dan XXL (63-64).

Simak Video 'Jokowi Pamer Motor Custom ke Raider MotoGP':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT