Michelin Bawa 1.200 Ban ke Mandalika, Ini Rincian Pembagian untuk Setiap Pebalap

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 11 Mar 2022 09:33 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 10:  Michelin staff works in box during the first day of MotoGp Tests In Valencia at Ricardo Tormo Circuit on November 10, 2015 in Valencia, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Michelin sediakan 1.200 ban untuk balapan MotoGP di Mandalika. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

Pekan depan MotoGP akan digelar di Indonesia dalam seri Pertamina Grand Prix of Indonesia. Balapan yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika ini didukung ribuan unit ban dari Michelin.

Pemasok tunggal ban MotoGP, Michelin, memutuskan untuk menyederhanakan pilihan ban pada musim ini dan menyediakan 30 macam spesifikasi untuk digunakan oleh para pembalap selama gelaran MotoGP.

Jumlah ini berkurang lebih dari seperempat dibanding dengan musim lalu yang mencapai 41 pilihan ban. Keputusan untuk merampingkan pilihan ban yang akan digunakan pada kompetisi dilakukan melalui diskusi dengan para pembalap dan tim mereka serta tetap mempertahankan tingkat performa yang sama dengan musim 2021.

"Tim teknis Michelin Motorsport bekerja sama dengan para rider untuk memilih ban paling multi fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik. Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang, jumlah yang diproduksi juga turun sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan," kata Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso.

Untuk musim ini, Michelin memasok 1.200 ban setiap sirkuit MotoGP. Artinya, di balapan MotoGP yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika akan ada 1.200 ban yang disediakan.

Satu pebalap per grand prix akan mendapatkan 28 buah ban dari sebelumnya 30 buah. Pada setiap ajang balap, parariderakan menerima 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. Mereka hanya diperbolehkan untuk menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang (total 22).

Para rider juga dibebaskan untuk menyusun komposisi alokasi ban depan dengan memilih maksimal lima ban dari tiap spesifikasi Soft,Medium, dan Hard. Untuk ban belakang, para rider dapat memilih maksimal enam ban Soft, empat ban Medium, dan tiga ban Hard. Para rider yang lolos dari babak kualifikasi Q1 dan Q2 akan mendapatkan ban depan tambahan yang dapat mereka pilih dari tiga spesifikasi yang tersedia, serta satu tambahan ban belakang jenis Soft.


Sementara untuk ban hujan, para ride rakan mendapatkan alokasi 15 ban hujan yang terdiri dari tujuh ban depan dan delapan ban belakang. Ban ini akan dapat mereka gunakan selama latihan bebas, babak kualifikasi, pemanasan, dan ajang balap utama, dengan maksimal penggunaan enam ban depan dan tujuh ban belakang.

Dengan alokasi ini, maka Michelin akan membawa sejumlah total 1.200 ban ke setiap sirkuit balapan.

Sementara itu, pada sesi tes pramusim di Mandalika bulan lalu, pebalap dan tim diberi kesempatan untuk mengevaluasi sejumlah spesifikasi ban yang berbeda dan menguji pengaturan ban dengan motornya. Mengacu pada hasil dari sesi tes tersebut, Michelin akan mengumumkan tiga spesifikasi ban yang akan dibawa ke Grand Prix Indonesia.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)