ADVERTISEMENT

Dear Yamaha, Fabio Quartararo Masih Kurang Puas dengan Motornya Nih...

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 05 Mar 2022 15:35 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - OCTOBER 23:  Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team lifts the front wheel during the MotoGP of Emilia Romagna - Qualifying at Misano World Circuit on October 23, 2021 in Misano Adriatico, Italy.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Ilustrasi Fabio Quartararo Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Fabio Quartararo merasa kurang puas dengan performa motornya saat tampil di Sirkuit Losail, Qatar. Quartararo mengaku jika performa motornya masih kalah cepat dengan pebalap lain.

Dalam sesi latihan bebas FP1 dan FP2 MotoGP Qatar yang digelar Jumat (4/3/2022), Quartararo tampil kurang memuaskan. Pada sesi FP1 ia hanya finis di posisi ke-11 dengan catatan waktu 1 menit 55,600 detik. Lalu pada FP2 ia berada di posisi kedelapan dengan meraih waktu 1 menit 53,906 detik.

Salah satu hal yang dikeluhkan oleh Quartararo adalah top speed motornya. Dari data yang dirilis MotoGP, saat sesi FP2 top speed motor Yamaha YZR-M1 milik Quartararo hanya mencapai 343,9 km per jam.

Jika dibandingkan dengan GSX-RR 2022 milik tim Suzuki Ecstar, top speednya jauh lebih tinggi daripada Yamaha. Hal itu terbukti ketika Alex Rins berhasil menempati urutan pertama dalam sesi FP2 MotoGP Qatar, ia juga meraih top speed tertinggi di antara pebalap lain, yakni 355,2 km per jam.

"Awalnya saya merasa cepat di dua sektor pertama, akan tetapi kami melewatkan sesuatu dan kami perlu memahami kenapa ini bisa terjadi. Kami juga harus menyelesaikan masalah ini karena tidak akan aman saat babak kualifikasi Q2," kata Quartararo dikutip Motorsport.

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu kecepatan sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022).  Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YUPembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu kecepatan sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YU Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU

"Saya merasa seperti sudah sampai di titik batas, padahal itu bukan titik batas yang sebenarnya. Hari ini saya mengalami kesulitan karena saya tidak mengerti sejumlah hal, kami perlu mengecek data dan membandingkannya dengan yang terakhir (untuk melihat) apa yang terjadi," ujarnya.

Ketika ditanya soal defisit angka top speed yang cukup jauh dengan para pebalap lain, El Diablo sudah tidak kaget dengan hal itu. Quartararo berharap Yamaha bisa menemukan cara lain agar kuda besinya bisa semakin kencang di trek.

"Itu hal yang saya sudah duga akan terjadi. Hari ini adalah hari yang berat, sejujurnya saya tidak merasa begitu baik di atas motor," ungkap Quartararo.

"Jadi, kita perlu menemukan cara untuk meningkatkannya lagi. Tapi soal kecepatan hal itu tidak mengejutkan lagi," pungkasnya.



Simak Video "Jokowi Pindah Haluan ke Quartararo Gegara Marquez Out di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT