ADVERTISEMENT

MotoGP 2022: Mantan Bos Repsol Honda Livio Suppo Gabung Suzuki Ecstar

Doni Wahyudi - detikOto
Rabu, 23 Feb 2022 19:12 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - MAY 05:  Livio Suppo of Italy and Repsol Team Honda  looks on in box during the MotoGp of Spain - Free Practice at Circuito de Jerez on May 5, 2017 in Jerez de la Frontera, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Livio Suppo bergabung dengan Tim Suzuki untuk MotoGP 2022 (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

Tim Suzuki Ecstar MotoGP baru saja mengumumkan pengangkatan manajer tim yang baru. Sempat besar bersama Repsol Honda, Livio Suppo resmi gabung Suzuki dan diharapkan bisa membantu Suzuki kembali ke jalur juara di musim ini.

Dilansir dari situs resmi Suzuki, Suppo bakal menggantikan posisi manajer yang lowong, yang sebelumnya ditempati Davide Brivio. Seperti diketahui, Brivio hengkang dari Suzuki pada Januari 2021 lalu dan memilih menyeberang ke Formula 1 bersama tim Alpine F1.

Livio Suppo adalah sosok yang dihormati di dunia balap MotoGP. Sebelumnya Suppo pernah menjabat sebagai manajer di tim Ducati sejak tahun 2003. Suppo adalah salah satu orang penting ketika Casey Stoner berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP di tahun 2007.

Tiga tahun berselang, Suppo akhirnya pindah ke tim Repsol Honda dan menjabat sebagai Marketing and Communications Director, sebelum akhirnya diangkat menjadi Tim Principal. Suppo juga punya andil besar dalam merayu Stoner untuk pindah ke Honda pada tahun 2011 dan berhasil merebut gelar juara dunia yang kedua kalinya.

Suppo juga merupakan sosok penting dalam keberhasilan Marc Marquez di Repsol Honda. Keduanya berhasil meraih gelar juara dunia pada musim 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Selama tujuh tahun di tim Honda, Suppo berhasil meraih lima kali gelar juara dunia di kelas MotoGP. Namun di tahun 2017, ia memutuskan vakum sementara waktu dari dunia MotoGP dan posisinya digantikan oleh Alberto Puig hingga sekarang.

Pengalaman gemilang Suppo di dunia balap membuat tim Suzuki kepincut untuk memakai jasanya. Kedatangan Suppo diharapkan dapat menambah kepercayaan diri serta membawa Suzuki kembali ke jalur kemenangan.

Pada MotoGP 2022, Suzuki tampil tanpa taji. Juara dunia musim 2020, Joan Mir hanya mampu finis di posisi ketiga dengan meraih 208 poin. Sementara rekan satu timnya, Alex Rins tercecer di posisi ke-13 dengan mendulang 99 poin.

Shinichi Sahara selaku Team Suzuki Ecstar Project Leader mengatakan, kehadiran Livio Suppo di Suzuki diharapkan dapat memperbaiki posisi tim di ajang MotoGP. Shinichi percaya diri jika Suzuki bisa bersaing meraih titel juara dunia di musim ini.

"Saya yakin Livio sangat cocok untuk mengisi posisi tersebut, karena dia memiliki banyak pengalaman dan hasrat besar untuk menang," kata Shinichi.

"Kami telah melihat tanda-tanda peningkatan yang sangat menjanjikan ketika melakukan tes saat musim dingin, dan saya yakin bergabungnya Livio akan menambah kekuatan di dalam tim," jelasnya



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT