Tim Monster Energy Yamaha Luncurkan Motor Baru untuk MotoGP 2022

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 05 Feb 2022 11:30 WIB
Tim Monster Energy Yamaha Luncurkan Motor Baru untuk MotoGP 2022.
Tim Monster Energy Yamaha Luncurkan Motor Baru untuk MotoGP 2022 Foto: Pool (Yamaha MotoGP)
Jakarta -

Tim Monster Energy Yamaha secara resmi meluncurkan motor balap untuk kompetisi MotoGP 2022. Motor tersebut bakal ditunggangi oleh juara dunia musim lalu Fabio Quartararo dan rekan satu timnya, Franco Morbidelli.

Peluncuran motor balap Yamaha tersebut dilakukan pada Jumat (4/2/2022) waktu setempat. Pabrikan asal Jepang itu hanya menghadirkan beberapa pembaruan kecil, livery-nya pun juga tidak mendapat perubahan besar.

Warna biru tua dengan kombinasi hitam masih mendominasi tim pabrikan Yamaha itu. Letak warna biru dan hitam pun hampir mirip dengan versi sepeda motor sebelumnya. Namun untuk musim ini, tim Monster Energy Yamaha kedatangan sejumlah sponsor baru yang akan menempel pada body YZR-M1 tahun 2022.

Satu-satunya yang membedakan antara livery motor Quartararo dengan Morbidelli hanya pada nomor balapnya saja. Quartararo yang meraih gelar juara dunia MotoGP musim lalu tetap mempertahankan nomor 20 dengan warna merah. Sementara rekan satu timnya Morbidelli, mengusung nomor balap 21 dengan kelir hijau terang menyala.

Selebihnya, wujud motor milik tim pabrikan Yamaha ini tidak memiliki banyak perubahan mencolok jika dibandingkan musim lalu. Bahkan, bentuk aero fairing dari Yamaha YZR-M1 2022 ini masih sama dengan yang dipakai musim lalu.

Tim Monster Energy Yamaha Luncurkan Motor Baru untuk MotoGP 2022.Tim Monster Energy Yamaha Luncurkan Motor Baru untuk MotoGP 2022. Foto: Pool (Yamaha MotoGP)

Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing mengatakan, hadirnya livery baru untuk YZR-M1 2022 ini diharapkan dapat membantu kedua pebalap untuk meraih gelar konstruktor dan tim di akhir musim. Meski punya target tinggi, Lin Jarvis mengaku jika MotoGP 2022 akan berjalan sulit karena pabrikan lain telah melakukan banyak perubahan.

"Tujuan kami tahun ini adalah untuk memenangkan gelar juara dunia lagi dan membuat kedua pebalap tampil sebaik mungkin untuk memenangkan gelar Konstruktor dan Tim, walaupun kami tahu itu akan sulit dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat dari semua pabrikan lainnya," kata Lin Jarvis dikutip dari situs Yamaha.

"Dengan Fabio dan Frank menunggangi Yamaha M1 serta didukung oleh tim dan insinyur kelas atas kami dari Jepang dan Eropa, kami sangat bersemangat untuk memulai pengujian untuk mempersiapkan musim MotoGP 2022," ujarnya.

Motor baru tersebut bakal digunakan pertama kali saat sesi tes pramusim di Sepang, Malaysia, pada tanggal 5-6 Februari. Yamaha YZR-M1 2022 ini juga berkesempatan tampil dalam tes pramusim di Mandalika, yang berlangsung pada 11-13 Februari mendatang.



Simak Video "Tampang Nmax Roda Tiga Meluncur di Eropa, Masuk Indonesia Nggak?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)