ADVERTISEMENT

Tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022 Diluncurkan, Kelir Motor Lebih Gahar

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 04 Feb 2022 19:27 WIB
Tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022
Foto: Dok. MotoGP. Tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022.
Jakarta -

Suzuki Ecstar resmi merilis tim untuk mengarungi kompetisi MotoGP 2022. Suzuki tetap mempertahankan duet Alex Rins dan Joan Mir dibalik kemudi GSX-RR. Namun untuk kelir dan grafis motornya, kini dibuat lebih gahar dengan aksen gelap.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, GSX-RR 2022 menawarkan skema cat baru dengan aksen hitam yang menambah kesan gahar. Aksen hitam itu kemudian dikombinasi warna perak dan biru yang menyelimuti sekujur bodi.

"Saya tidak sabar untuk kembali ke motor saya. Tes yang berlangsung akhir tahun lalu menunjukkan peningkatan kinerja sesuai ekspektasi, jadi sekarang saatnya untuk menunjukkan corak baru dan menempatkan lebih banyak lap di depan. Musim akan dimulai dalam waktu sekitar satu bulan," ujar Mir.

"GSX-RR baru terlihat luar biasa, dan juga bekerja dengan baik! Saya sangat senang menyambut awal musim baru. Saya telah melakukan banyak latihan selama libur, tak hanya di gym tapi juga dengan GSXR1000R saya. Tapi tak ada yang sebanding dengan motor balap kami di sirkuit," timpal Rins.

Suzuki akan berusaha sekuat mungkin untuk merebut gelar juara dunia yang lepas musim lalu. Oleh sebab itu, sejumlah ubahan dilakukan pada GSX-RR model 2022.

Ken Kawauchi, Manajer Teknis Tim Suzuki Ecstar, mengatakan mesin GSX-RR 2021 cukup seimbang dan kompetitif, tetapi Suzuki perlu mengambil langkah besar pada tahun 2022 untuk mencapai target. Kawauchi ingin motor Suzuki bisa lebih sering naik podium seperti di musim MotoGP 2020 lalu.

Tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022Suzuki GSX-RR 2022 Foto: Dok. MotoGP

"GSX-RR 2022 memiliki basis yang mirip dengan motor tahun lalu, tetapi dengan beberapa pembaruan penting, terutama di bidang performa mesin. Kami ingin mempertahankan keunggulan motor kami, yang selalu kuat dan stabil dalam menikung, sambil meningkatkan distribusi tenaganya. Dengan bantuan para insinyur di Jepang dan Eropa, kami merasa telah mencapai ini, jadi sekarang saatnya untuk mengujinya di trek dengan pebalap kami," terangnya.

Tes pramusim MotoGP 2022 akan berlangsung pada 5 dan 6 Februari di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, diikuti oleh tiga hari pengetesan di sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Tes pramusim Mandalika digelar pada 11-13 Februari. Race pertama MotoGP 2022 akan diselenggarakan di Qatara pada 6 Maret 2022.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT