Sirkuit Mandalika Dijamin Tidak Bakal Kebanjiran Lagi

ADVERTISEMENT

Sirkuit Mandalika Dijamin Tidak Bakal Kebanjiran Lagi

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 02 Feb 2022 09:06 WIB
Ajang World Superbike sukses digelar di sirkuit Mandalika Lombok NTB pada November lalu. Di bulan Maret 2022, sirkuit kebanggaan Indonesia itu bakal masuk dalam kalender MotoGP 2022. Mandalika terus berbenah.
Sirkuit Mandalika terus bersiap menyambut gelaran MotoGP 2022 (Rachman_punyaFOTO)
Jakarta -

Tak sampai dua pekan jelang digelarnya tes pramusim MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika terus berbenah. Salah satu yang jadi fokus adalah perihal drainase, di mana kini trek tersebut dipastikan tidak akan kebanjiran lagi.

Masalah banjir dan genangan air di Sirkuit Mandalika muncul saat digelarnya seri terakhir WSBK pada November 2021. Ketika itu hujan deras mengguyur sirkuit, bahkan sampai membuat balapan ditunda..

Meski di atas lintasan kondisinya baik-baik saja, namun pada beberapa lokasi di sekitar sirkuit air sempat menggenang. Ini kemudian jadi isu besar yang dikhawatirkan bisa terulang saat Sirkuit Mandalika menggelar event yang lebih besar, MotoGP Indonesia.

Sekitar 10 hari jelang digelarnya tes pramusim MotoGP, pihak ITDC memastikan banjir atau genangan air tidak akan terjadi lagi di Sirkuit Mandalika. Sistem drainase yang sempat memunculkan genangan air sudah diperbaiki.

"Sistem drainase track yang sebelumnya mengalami genangan di beberapa titik telah selesai diperbaiki. Dan dapat dipastikan bahwa sudah tidak ada lagi genangan saat terjadi hujan lebat di area Sirkuit," tulis ITDC melalui akun Instagram resminya.

Pembenahan saluran drainase merupakan salah satu pekerjaan yang terus dikebut pihak Sirkuit Mandalika demi menyambut kedatangan Marc Marquez dkk. Proses pengerjaan berbagai fasilitas penunjang sirkuit masih berlangsung saat ini.

Panorama Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika saat digelar WSBK 2021 Foto: ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU

"Saat ini juga, kami tengah melakukan pembangunan tribun penonton Hospitality Suites VIP Village yang nantinya bisa menampung hingga 2.400 orang penonton. Sementara, untuk pekerjaan tribun penonton lainnya memasuki tahap pengerjaan tanah seperti, pemadatan timbunan, concrete pad, drainase, serta pemasangan pondasi atap."

"Kami juga membenahi main track Sirkuit diantaranya dengan pengecatan pada beberapa area barrier, penambahan tire barrier pada beberapa lokasi dan pemasangan digi flag sesuai dengan standar dan ketentuan FIM," lanjut pernyataan tersebut.

Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika dijadwalkan digelar pada 11-13 Februari. Sementara balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika rencananya dihelat pada 18-20 Maret.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT