CEO Dorna Ungkap Kehilangan Sosok Rossi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 24 Jan 2022 07:04 WIB
Petronas Yamaha SRT Italian rider Valentino Rossi waves after the MotoGP race of the Valencia Grand Prix at the Ricardo Tormo racetrack in Cheste, on November 14, 2021. - A sporting icon rides into retirement on November 14, 2021 at the Valencia MotoGP where nine-time world champion Valentino Rossis name will grace the grid for the very last time. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)
CEO Dorna merasa kehilangan sosok Rossi. Foto: AFP/JOSE JORDAN
Jakarta -

Valentino Rossi resmi memutuskan pensiun sebagai pebalap MotoGP di akhir musim 2021. Keputusan ini membuat sejumlah orang rindu dengan sosok Rossi di trek, termasuk petinggi Dorna saat ini Carmelo Ezpeleta.

Sudah 26 tahun Rossi berkiprah di ajang MotoGP, pebalap asal Italia itu kini sudah mengoleksi gelar juara dunia sebanyak sembilan kali. Namun sayang, beberapa musim terakhir performa Rossi di lintasan terus mengalami penurunan.

Di musim 2021 yang mana merupakan karier terakhirnya di ajang MotoGP, Rossi hanya meraih 44 poin dan menghuni posisi ke-18 klasemen akhir. Catatan terbaiknya di musim lalu adalah finis di urutan kedelapan dalam seri MotoGP Austria 2021.

Melihat performanya yang tak sehebat dulu, akhirnya The Doctor memutuskan untuk gantung helm di akhir musim. Dengan keputusan tersebut, maka tidak ada lagi nama Valentino Rossi dalam grid MotoGP 2022.

Sebagian orang mengatakan, keputusan Rossi untuk pensiun akan menyebabkan kompetisi MotoGP kehilangan daya tariknya. Hal itu wajar sebab The Doctor punya andil besar dalam membawa popularitas MotoGP di kancah dunia, belum lagi duel seru antara Rossi dengan sejumlah pebalap lain.

Salah satu yang mengutarakan kerinduan sosok Rossi di trek adalah CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. Ia mengungkapkan bahwa ketidakhadiran Rossi di lintasan balap akan sangat terasa, karena Rossi merupakan sosok pebalap penting di MotoGP.

"Valentino Rossi sangat penting dalam perkembangan balap motor, sesuatu yang dilakukan oleh Valentino akan tetap abadi dan menetap," kata Ezpeleta dikutip dari Motorcycle Sports.

Meski sudah tidak lagi membalap, nama Rossi tetap ada dengan hadirnya tim balap Mooney VR46 yang akan meramaikan kompetisi MotoGP 2022. Bekerja sama dengan Ducati, Mooney VR46 bakal diperkuat oleh pebalap dari akademi milik Rossi, yaitu Luca Marini dan Marco Bezzecchi.

"Valentino tetap akan di sini dengan tim yang dia miliki di ajang Moto2 dan MotoGP," ujarnya.

"Selain itu dia bakal mengkonsolidasikan timnya, yang akan memiliki sponsor penting untuk mendukungnya. Meskipun ketidakhadiran Valentino sangat jelas, namun satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah berterima kasih atas sesuatu yang ia telah perbuat," pungkas Ezpeleta.



Simak Video "Menhub Prediksi Malam Ini Puncak Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)