Porsche Taycan Turbo S Jadi Safety Car Formula E 2022, Siap Mengaspal di Ancol

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 19 Jan 2022 17:46 WIB
Safety Car - ABB Formula E World Championship 2022/23
Inilah safety car ajang Formula E 2022 (Porsche AG/Porsche AG)
Jakarta -

Formula E secara resmi meluncurkan safety car yang bakal digunakan pada musim ini. Safety car yang terpilih adalah Porsche Taycan Turbo S, yang sepenuhnya juga ditenagai listrik.

Musim balap mobil listrik Formula E 2022 sebentar lagi akan digelar. Seri pertama akan berlangsung di Diriyah, Arab Saudi, pada 28 Januari 2022. Indonesia juga ambil bagian dari kompetisi balap mobil listrik tersebut, dalam kalender Formula E, Indonesia masuk dalam seri kesembilan yang bakal digelar di Ancol, 4 Juni mendatang.

Jelang dihelatnya balapan pembuka musim, Formula E juga telah mematangkan sejumlah persiapan. Termasuk pemilihan safety car. Untuk musim ini, mobil listrik Porsche terpilih sebagai safety car resmi Formula E 2022.

Dikutip dari Carscoops, Porsche mengusung mobil listrik Taycan Turbo S sebagai safety car resmi Formula E 2022. Porsche mengembangkan livery khusus untuk safety car-nya dengan memadukan kelir warna putih, biru muda, serta biru tua.

Safety Car - ABB Formula E World Championship 2022/23Safety Car - ABB Formula E World Championship 2022/23 Foto: Porsche AG/Porsche AG

Jika diperhatikan, terdapat sejumlah garis warna-warni mulai dari hitam, merah, hingga kuning. Ternyata, desain tersebut mengacu pada warna 11 tim balap mobil listrik yang akan tampil di ajang Formula E 2022.

Livery safety car tersebut juga mengekspresikan visual dan nilai-nilai sosial, seperti keragaman dan komunitas. Sementara itu, terdapat nomor 22 yang mengacu pada jumlah 22 pebalap yang akan mengikuti kejuaraan Formula E di tahun ini.

Berbeda dengan mobil yang dijual di pasaran, Porsche Taycan turbo S ini telah mendapat modifikasi sesuai standar FIA seperti penggunaan roll cage, kursi bucket dengan enam titik sabuk pengaman, alat pemadam kebakaran, hingga sistem komunikasi canggih. Selain itu, ada juga bilah lampu LED yang dipasang di atap mobil yang terintegrasi dengan lampu di bagian bemper.

Safety Car - ABB Formula E World Championship 2022/23Safety Car - ABB Formula E World Championship 2022/23 Foto: Porsche AG/Porsche AG

Membahas soal spesifikasinya, Porsche Taycan Turbo S dilengkapi dengan penggerak motor yang dapat menghasilkan tenaga hingga 751 hp (560 kW). Soal akselerasinya, mobil listrik ini mampu menempuh 0-100 km per jam dalam waktu 2,8 detik saja. Angka tersebut bahkan hampir sama dengan kecepatan rata-rata mobil Formula E.

"Kami bangga bahwa Formula E telah mempercayakan Porsche untuk mengemban tugas ini," kata Thomas Laudenbach, Wakil Presiden Porsche Motorsport.

"Dengan Taycan Turbo S sebagai safety car resmi, kami memberikan kontribusi penting untuk menghadirkan keselamatan dan juga menggarisbawahi pentingnya Formule E untuk Porsche," jelasnya.



Simak Video "Jakpro: Tiket VIP Formula E Ludes, Tiket Festival Baru Terjual 15%"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)