Tinggal Lima Bulan Lagi, Sudah Sampai Mana Persiapan Formula E?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 19:38 WIB
Jakarta -

Formula E Jakarta akan berlangsung dalam waktu kurang dari lima bulan lagi, tepatnya pada Juni 2022. Namun hingga kini, sirkuit Ancol yang diplot menjadi tempat berlangsungnya ajang balap mobil listrik kelas dunia tersebut belum digarap.

Saat ini, organizing committee (OC) Formula E Jakarta tengah memilih tender untuk pembangunan sirkuit. Ahmad Sahroni selaku ketua OC mengatakan persiapan Formula E Jakarta masih sesuai dengan rencana dan jadwal.

"Persiapannya lagi jalan ya, terutama proses tender. Tender itu kan kita nggak bisa (seperti) kita membeli bawang di pasar, beli langsung jadi dimasak, ini kan berproses dan ada mekanisme aturan yang berlaku," papar Sahroni kepada detikOto.

Para peminat pelaksanaan ini adalah mereka-mereka yang ahli di bidangnya, itu ada PP, ada empat dari lima perusahaan yang mengambil dokumen, terkait dengan ikut serta dalam proses ini dan saya berharap yang nanti menang adalah orang yang memang mengerjakan Mandalika. Nah ini proses yang rutinitas biasa lah. Tidak ada yang spesifikasi yang berbeda," lanjutnya.

Terkait mepetnya waktu persiapan. Sahroni memastikan timnya akan bekerja keras dalam kurun waktu yang tersisa.

"(masih dalam timeline) Masih. Kan bisa kerja 24 jam. Aman itu," tutupnya.

Sahroni juga optimis segala proses verifikasi hingga homologasi dari FIA pun akan dapat terlaksana tepat waktu. Menurutnya, sirkuit Ancol sudah disetujui sebagai lokasi penyelenggaraan dan tinggal menunggu tanggal main untuk verifikasi lanjutan dari pihak terkait.

"Ini kan, venue-nya sudah di-approve oleh FIA dan FEO. Maka setelah jadi nanti mereka datang lagi untuk ceritfied homologasi," papar Sahroni.

"Mudah-mudahan sesuai timeline, April kita sudah bisa melihat sirkuitnya. Persiapan pada bulan Juni nanti," lanjutnya.

(mhg/din)