Usai MotoGP, IMI Dukung Sirkuit Mandalika Bisa Gelar Formula 1

Zefanya Aprilia - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 22:14 WIB
Panorama Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Foto: ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU
Jakarta -

Ikatan Motor Indonesia (IMI) bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) siap menyukseskan MotoGP 2022 pada Maret mendatang. IMI akan berkontribusi di bagian medical, race control, marshal lokal dan internasional, hingga safety car dalam MotoGP 2022.

Tak hanya itu, Ketua IMI yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut IMI siap mendukung agar Sirkuit Mandalika bisa menggelar FIA World Endurance Championship (WEC) 2022 pada Desember mendatang. Lalu ia juga mendukung agar Sirkuti Mandalika bisa menggelar Formula 1.

"Tidak hanya MotoGP, IMI bersama ITDC dan MGPA juga sedang mempersiapkan agar Sirkuit Internasional Mandalika bisa menyelenggarakan FIA World Endurance Championship (WEC) 2022 pada Desember mendatang," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (17/1/2021).

"Indonesia ditawarkan oleh penyelenggara FIA WEC 2022 untuk menyelenggarakan putaran terakhir (final) FIA WEC 2022, 8 Hours of Indonesia. Pembalap kebanggaan Indonesia Sean Gelael akan turut serta dalam kejuaraan ini," imbuhnya.

Usai menerima Direksi MGPA, di Jakarta, Bamsoet menyebut IMI bersama MGPA juga sedang mempersiapkan agar dalam 2-3 tahun ke depan Sirkuit Internasional Mandalika bisa menyelenggarakan Formula 1. Berbagai persiapan teknis akan segera dilakukan, antara lain menambah panjang lintasan sirkuit dari 4,31 Km menjadi hingga 5,1 Km.

"Kesuksesan kerja sama IMI dan MGPA dalam menyelenggarakan World Superbike 2021 di Sirkuit Internasional Mandalika akan kembali dilanjutkan dalam MotoGP 2022. Saat World Superbike 2021, IMI mengirimkan 150 orang tenaga medis. Sekaligus menyediakan ambulance Type A-C dan juga helikopter Medivac yang memiliki standar FIM," tandas Bamsoet.

Bamsoet mengatakan IMI juga akan kirim 350 orang marshal lokal asal Lombok dan 13 orang marshal internasional dari Malaysia. IMI juga bekerja sama dengan BMW Indonesia menyiapkan kendaraan BMW 330e Hybrid dan X3e Hybrid untuk dijadikan Safety Car dan Operational Car di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

(ncm/din)