Mulai Unjuk Gigi, Dua Motor Merek China Ramaikan Balap Moto3

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 11 Jan 2022 18:43 WIB
QJ Motor Moto3
QJMotor Moto3 Foto: Instagram @ensponsoramaracing
Jakarta -

Dua merek sepeda motor asal China bakal meramaikan kejuaraan Moto3 musim 2022. Raksasa otomotif asal Tiongkok ini juga sudah mengantongi nama pebalap asal Eropa.

Pabrikan motor asal China pertama yang bakal meramaikan Moto3 ialah CFMoto. Tampil di musim 2022 secara penuh, CFMoto akan berkolaborasi dengan tim PrustelGP. CFMoto tidak menggunakan motor buatannya melainkan rebadge dari KTM RC4.

Kerjasama antara CFMoto dan PrustelGP ini sudah diumumkan sejak November 2021 silam. Termasuk mengantongi dua nama pebalap muda, yakni Carlos Tatay, dan Xavi Artigas.

CFMoto dan KTM sempat menjalin hubungan di luar balapan. Pada tahun 2018 CFMoto dan Pierer Mobility Group secara resmi membentuk usaha patungan untuk memulai produksi naked bike kelas menengah KTM dari konsep mesin LC8c seperti KTM 890 Duke.

Tim asal China lain yang ikut bergabung di kejuaraan Moto3 ialah Qianjiang Motorcycle (QJMotor). Pabrikan motor asal Tiongkok ini bekerjasama dengan Ensponsorama Racing.

QJMotor merupakan grup dari raksasa motor Zhejiang Qianjiang, perusahaan ini juga diketahui memegang kendali dari Benelli.

Tidak mau sekadar meramaikan, Pebalap QJMotor yang turun di kelas Moto3 merupakan jebolan Akademi VR46. Sama seperti CFMoto, mesin motor yang digunakan ialah KTM RC4.

"QJMotor Racing Avintia akan mengandalkan dua pebalap muda dari Akademi VR46, Elia Bartolini dan Matteo Bertelle, dengan tujuan membuka babak baru di kategori MotoGP ini," sebut QJ Motor Racing seperti dikutip dari Corrieredellosport, Selasa (11/1/2021).

Di Indonesia, dua merek motor itu sudah tidak asing lagi. Benelli saat ini dipasarkan lewat Benelli Motor Indonesia, sedangkan CFMoto dibawa oleh PT MForce Indonesia.



Simak Video "Ini Wujud CFMoto 250SR yang Tak Lama Lagi Akan Rilis di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)