Pindah ke MotoGP, Toprak Jangan ke Tim Satelit Yamaha

ADVERTISEMENT

Pindah ke MotoGP, Toprak Jangan ke Tim Satelit Yamaha

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 07 Jan 2022 15:45 WIB
Race 1 WSBK 2021 digelar di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). Meski finis kedua, pebalap Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.
Toprak Razgatlioglu Foto: Antara Foto
Jakarta -

Toprak Razgatlioglu tak mendapat izin Manajernya, Kenan Sofuoglu pindah ke MotoGP kalau hanya masuk ke tim satelit.

Bukan rahasia umum lagi, juara World Superbike 2021 itu tengah menjadi incaran Yamaha di kelas MotoGP. Toprak juga dijadwalkan menjajal Yamaha M1 terlebih dahulu dalam sesi private test di tahun 2022.

Rencananya, jika Toprak menjadi juara dunia lagi di WSBK 2022, tak menutup kemungkinan pebalap berusia 25 tahun itu untuk naik ke MotoGP di musim 2023.

Kenan Sofuoglu sudah mewanti-wanti dari sekarang, bahwa Toprak tidak akan dilepas jika hanya dipekerjakan di tim satelit. Meski Yamaha memiliki minat besar terhadap Toprak.

"Saya sudah berbicara dengan Yamaha tentang hal itu, mereka memiliki minat besar pada balap Toprak di MotoGP di masa depan," kata Sofuoglu seperti dikutip dari Speedweek, Jumat (7/1/2022).

"Tetapi satu hal yang sangat jelas: ini hanya mungkin jika Toprak terus memenangkan balapan di Kejuaraan Dunia Superbike 2022. Ketika Yamaha memberi kami tawaran untuk tim pabrikan, kami akan memikirkannya. Kami juga tidak akan berlomba untuk tim B, tetapi hanya untuk tim pabrikan," tambah dia.

Peluang Toprak untuk pindah ke tim pabrikan Yamaha 2023 masih terbuka andai Fabio Quartararo tidak memperpanjang kontrak yang berakhir di musim 2022. Sedangkan Franco Morbidelli diketahui memiliki kontrak hingga akhir 2023.

Bos tim satelit RNF Yamaha, Razlan Razali disebut sudah memiliki minat besar kepada Toprak. Namun Sofuoglu lagi-lagi menolak demi masa depan anak asuhnya, apalagi berkaca dari sejarah tak jarang pebalap WSBK yang karirnya meredup di MotoGP.

"Saya akan sangat berhati-hati dengan karir Toprak. Saya tidak ingin membuat kesalahan dan dengan demikian menghancurkan perasaan baiknya. Dia sangat menikmati balapan saat ini, saya tidak ingin merusaknya. Razlan Razali telah menanyakan kami beberapa kali tentang musim depan, tetapi kami tidak tertarik. Saya menjelaskan kepadanya bahwa kami hanya akan mempertimbangkan tim kerja," jelas dia.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT