Syarat Toprak Razgatlioglu Mau Gabung ke MotoGP, Ogah di Tim Satelit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 11 Jan 2022 10:39 WIB
Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu melakukan burnout disaksikan kru timnya usai memastikan meraih gelar Juara Dunia WSBK 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit.
Toprak Razgatlioglu. Foto: ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU.
Jakarta -

Yamaha tampak sangat berminat dengan juara dunia World Superbike (SBK) Toprak Razgatlioglu untuk gabung ke MotoGP pada 2023. Namun, manajernya Kenan Sofuoglu memaparkan syarat Toprak mau gabung ke MotoGP.

Toprak dan manajernya berulang kali menjelaskan bahwa pebalap Turki itu awalnya hanya ingin menjuarai World SBK. Padahal, Yamaha bersama tim satelit WITHU Yamaha RNF ingin meminang Toprak untuk musim 2023.

Memang, Toprak akan melakoni uji coba motor MotoGP Yamaha M1 pada 2022 ini. Tapi belum ada tanda-tanda Toprak bakal gabung ke MotoGP.

"Saya sudah berbicara dengan Yamaha tentang hal itu, mereka memiliki minat besar pada Toprak di MotoGP di masa depan," kata Sofuoglu seperti dikutip Speedweek.

"Tapi satu hal yang sangat jelas: Ini hanya mungkin jika Toprak terus memenangkan balapan di Kejuaraan Dunia Superbike 2022. Ketika Yamaha memberi kami tawaran untuk tim pabrikan, kami akan memikirkannya. Dan hanya itu. Bukannya kami memimpikan MotoGP, Yamaha juga tahu itu. Kami juga tidak akan berlomba untuk tim B (tim satelit MotoGP), tetapi hanya untuk tim pabrikan," katanya.

Untuk di tim pabrikan, musim ini Yamaha diisi oleh Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Kontrak Quartararo berakhir musim ini, sedangkan Morbidelli telah diperpanjang sampai 2023.

"Walaupun jika Yamaha menawarkan kami tempat di tim pabrikan, saya tidak yakin. Saya akan sangat berhati-hati dengan karir Toprak. Saya tidak ingin membuat kesalahan dan dengan demikian menghancurkan perasaan baiknya. Dia sangat menikmati balapan saat ini, saya tidak ingin merusaknya. Razlan Razali (bos tim satelit Yamaha) telah menanyakan kami beberapa kali tentang musim depan, tetapi kami tidak tertarik. Saya menjelaskan kepadanya bahwa kami hanya akan mempertimbangkan tim pabrikan," ucapnya.



Simak Video "Menhub Prediksi Malam Ini Puncak Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)