ADVERTISEMENT

Daftar Pebalap MotoGP yang Paling Banyak Rusak Mesin Motor

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 15 Des 2021 12:47 WIB
Team members of Honda rider Marc Marquez of Spain return the bike to the box after a crash during the warm-up, prior to the Moto GP race of the Grand Prix of Germany, at the Sachsenring Circuit, on July 17, 2016, in Hohenstein-Ernstthal, eastern Germany.

 / AFP PHOTO / Robert MICHAEL
Ilustrasi motor MotoGP rusak Foto: Robert MICHAEL / AFP
Jakarta -

MotoGP 2021 sudah usai, ada beberapa rider yang paling banyak merusak mesin atau ditarik karena tak bisa dipakai lagi. Siapa dia?

Tak seperti musim 2020, yang dibatasi karena pandemi COVID-19. Musim ini para rider seperti balapan normal, 18 ronde dengan jatah 7 mesin dan 9 mesin (tim konsensi).

Semua pabrikan MotoGP menyelesaikan musim ini dalam batas mesin yang ditentukan. Tidak ada drama musim ini, dibanding tahun lalu, tim yang paling kerepotan ialah Yamaha, sebab pebalap Yamaha Maverick Vinales mendapatkan start pit lane di Valencia karena membutuhkan mesin tambahan (keenam), sementara jatah hanya lima unit.

Dicukil dari Crash.net, Rabu (15/12/2021) terdapat sejumlah rider yang paling banyak menghabiskan mesin. Bahkan 'ditarik', yang berarti secara resmi dikeluarkan dari peruntukan pengendara dan tidak lagi tersedia untuk digunakan lagi, biasanya karena mesin telah mencapai akhir masa pakainya atau mengalami semacam kerusakan.

Pebalap yang paling banyak menghabiskan mesin hingga ditarik di antaranya Johann Zarco (Pramac Ducati), Taakaki Nakagami (Honda), Miguel Oliveira (KTM), dan Aleix Espargaro (Aprilia). Seluruh pebalap ini harus kehilangan tiga mesin.

Rider yang pertama kali harus kehilangan mesin pada musim MotoGP 2021 ialah Alex Rins (Suzuki) dan Franco Morbidelli saat menunggangi YZR-M1 A Spec. Mesin pebalap ini ditarik pada ronde ke-8 MotoGP Jerman.

Kerusakan mesin pada motor Rins lantaran sudah menempuh jarak yang lebih tinggi. Mesin tersebut dipakai saat di Qatar, lalu crash di tiga balapan, yakni Portimao, Jerez, dan Le Mans. Sebelum akhirnya harus ditarik pada sesi latihan bebas ketiga di Jerman. Rins harus kehilangan mesin kedua di seri MotoGP Mugello. Belum diketahui penyebab teknis dari kerusakan mesinnya.]

Sementara A-Spec Petronas Yamaha yang dipakai Morbidelli lalu digunakan oleh Garrett Gerloff, Crutchlow, Jake Dixon, dan Andrea Dovizioso.

Menariknya ada dua pebalap yang sama sekali tanpa ada yang ditarik. Ketiganya ialah Valentino Rossi dan Enea Bastianini.

Sedangkan dua mesin yang dipakai Marc Marquez harus ditarik. Pol Espargaro dan pemenang MotoGP 2021, Fabio Quartararo hanya merusak satu mesin.

Menariknya Maverick Vinales yang dipecat dari Yamaha karena blayer-blayer di pit stop tidak sampai mencatatkan kerusakan mesin. Sementara di Aprilia RS-GP, Vinales diketahui menggunakan motor yang sebelumnya digunakan oleh Lorenzo Savadori. Dia sudah pakai 8 unit, dua di antaranya harus ditarik.

Hampir seluruh pabrikan menghabiskan tujuh jatah mesin, tapi hanya Honda yang hanya menggunakan 6 dari 7 jatah mesin.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT