Geber Ferrari, Ini Balapan yang Bakal Diikuti Valentino Rossi Tahun Depan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 04 Des 2021 17:56 WIB
MotoGP rider Valentino Rossi of Italy waves at the end of the Valencia Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Ricardo Tormo circuit in Cheste, near Valencia, Spain, Sunday, Nov. 14, 2021. Rossi will be retiring from MotoGP racing as the season ends in Valencia. (AP Photo/Alberto Saiz)
Rossi akan tampil dalam ajang balap ketahanan 12 jam di awal 2022 (AP/Alberto Saiz)
Jakarta -

Valentino Rossi sudah resmi gantung helm MotoGP pada akhir musim ini. Untuk tahun depan, The Doctor sudah menyiapkan diri untuk terjun di ajang ketahanan balap mobil.

Rossi secara resmi akan mengikuti ajang balap mobil Gulf 12 Hours 2022. Kompetisi ini merupakan ajang ketahanan balap mobil yang berlangsung selama 12 jam.

Dikutip dari laman resmi Gulf 12 Hours, balapan akan berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 8 Januari 2022.

Rossi akan bergabung dengan tim Kessel Racing dan akan mengendarai Ferrari 488 GT3. Rossi tak sendirian, dia akan ditemani oleh saudara laki-lakinya yakni Luca Marini serta sahabatnya, Alessio 'Uccio' Salucci.

Mereka bertiga akan bergantian mengendarai mobil Ferrari 488 GT3 selama 12 jam. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, mobil yang digunakan Rossi telah dipersiapkan oleh tim balap asal Swiss tersebut.

Ini bukan kali pertama The Doctor ikut serta dalam kompetisi Gulf 12 Hours. Rossi juga sempat terjun ke balap mobil ini pada dua edisi sebelumnya bersama Marini dan Salucci. Bahkan, Rossi selalu berhasil meraih podium pada dua balapan terakhirnya.

Perayaan Balapan Terakhir Valentino Rossi di MotoGP Valencia 2021.Geber Ferrari, Ini Balapan yang Bakal Diikuti Valentino Rossi Tahun Depan Foto: Dorna Sports

Ketika melakukan debutnya pada 2019 silam, Rossi langsung meraih hasil positif. Dirinya berhasil menjadi juara di kelas GT3 Pro-Am dan menduduki posisi ketiga di klasemen umum. Sementara pada awal tahun ini, Rossi secara umum finis di posisi keempat dan kedua dalam kelas GT3 Pro-Am.

Beberapa waktu lalu, Rossi memang sempat diisukan bakal terjun ke dunia balap usai gantung helm dari kompetisi MotoGP. Bahkan, Rossi secara terus terang mengungkapkan jika balap mobil merupakan gairah keduanya setelah sepeda motor.

"Setiap tahun saya mencoba mengikuti satu atau dua balapan dengan mobil," kata Rossi dikutip dari Motorsport.

"Mulai tahun depan saya akan membalap mobil GT dalam seri balapan endurances dan championship. Namun saat ini, saya belum bisa memutuskan (akan mengikuti kompetisi yang mana)," jelasnya.

VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 11: Carmelo Ezpeleta (R) of Spain and Dorna CEO  and  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT pose near the 9 bikes with which he won the World Championships in paddock during the MotoGP of Comunitat Valenciana: Previews at Ricardo Tormo Circuit on November 11, 2021 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Geber Ferrari, Ini Balapan yang Bakal Diikuti Valentino Rossi Tahun Depan Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Pria berusia 42 tahun itu juga kedapatan tengah melakukan tes mobil di Sirkuit Misano, San Marino, pada November lalu. Saat itu, The Doctor tengah menjajal Ferrari 488 GT3 bersama tim Kessel dan ditemani oleh Alessio 'Uccio' Salucci.

Kini, rumor tersebut benar terjadi dan Rossi siap tampil kembali di lintasan dengan mengendarai mobil balap tahun depan. Semoga sukses meraih kemenangan, The Doctor!



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)