ADVERTISEMENT

Tak Jelas Kapan Marc Marquez Pulih, Repsol Honda Cuma Bisa Pasrah

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 19 Nov 2021 09:11 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - OCTOBER 22: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team lifts the front wheel  during the MotoGP of Emilia Romagna - Free Practice at Misano World Circuit on October 22, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Belum diketahui kapan Marc Marquez akan bisa kembali menggeber motor Repsol Honda (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Tim-tim MotoGP mulai menyiapkan diri dan motor untuk menyambut musim 2022. Dalam situasi penting seperti ini Repsol Honda malah kehilangan Marc Marquez yang tengah alami cedera.

Marc Marquez dikabarkan mengalami cedera gegar otak serta gangguan pada saraf mata hingga menyebabkan diplopia saat berlatih motocross sebelum MotoGP Emilia Romagna beberapa pekan lalu. Marquez langsung mendapat perawatan di rumah sambil dipantau perkembangannya oleh tim dokter Repsol Honda.

Cedera yang dialami Marquez ternyata memaksanya absen pada dua balapan penutup musim 2021. Bukan itu saja, Marquez juga belum bisa muncul saat tes MotoGP digelar di Sirkuit Jerez. Padahal ini jadi test yang sangat penting buat seluruh pabrikan untuk mengembangkan motor musim MotoGP 2022.

"Jelas, tidak ada kesempatan untuk (Marquez) ikut tes pramusim (di Jerez). Sayangnya, hal semacam ini terjadi lagi dan tidak ada yang bisa kami lakukan selain tetap menunggu," kata Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig dikutip Tuttomotoriweb.

Lebih lanjut, Puig mengatakan bakal tetap berusaha mengembangkan motor balap untuk Marquez agar dapat bersaing di musim depan. Dirinya sadar jika pebalap asal Spanyol tersebut punya nilai dan potensi yang bagus, dengan begitu tim Repsol Honda akan setia menunggu Marquez sampai pulih.

"Kami memahami nilai pebalap, potensinya, dan tidak ada yang perlu kami jelaskan," ungkapnya.

"Honda akan terus bekerja, mencoba mencari motor untuk musim selanjutnya, dan ketika saatnya tiba, ketika siap, kami akan memberi Anda motor yang kami pikir adalah yang terbaik dari segala komponen dan informasi yang kami kumpulkan dari para pebalap. Kami tidak akan melakukan apapun kecuali menunggu Marc kembali dalam kondisi pulih," pungkas Puig.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti kondisi lebih lanjut dari Marc Marquez. Namun jelang seri MotoGP Valencia akhir pekan lalu, Puig sempat berujar jika kondisi pebalap berusia 28 tahun itu mulai pulih.

Usai pulih dari cedera patah tulang humerus yang dialaminya pada musim lalu, sebenarnya performa Marquez mulai membaik setelah finis pertama di MotoGP Jerman 2021. Bahkan, dirinya berhasil meraih dua kemenangan beruntun di Motogp AS dan MotoGP Emilia Romagna.

Sayang, Marquez harus dihantam cedera lagi dan membuatnya menepi dari trek. Apabila kondisi Marquez memang sudah mulai membaik, namun dirinya harus menahan diri untuk tidak memaksakan balapan. Sebab, risiko terjadinya cedera bisa lebih besar dan semakin parah.



Simak Video "Repsol Honda: Segalanya Berubah Sejak MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT