Baru Pertama Kali Coba, Sirkuit Mandalika Langsung Disukai Pebalap Malaysia

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 14 Nov 2021 09:04 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno usai melihat langsung progres pembangunan sirkuit Mandalika sambil olahraga lari, Jumat (5/11/2021).
Sirkuit Mandalika. Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) hari Minggu (14/11/2021). Pebalap dari Malaysia yang ikut dalam IATC langsung menyukai karakter Sirkuit Mandalika setelah ia mencobanya di sesi kualifikasi kemarin Sabtu (13/11/2021).

Deru mesin dan knalpot motor balap mulai terdengar di Sirkuit Mandalika. Sirkuit baru kebanggaan rakyat Indonesia ini akan menggelar balap pertamanya, yakni Idemitsu Asia Talent Cup. Balap IATC dimulai dari hari Jumat (12/11) hingga Minggu (14/11), dimulai pengenalan track, latihan bebas dan kualifikasi, hingga sesi race yang terdiri dari race 1 dan race 2, dengan masing-masing race sebanyak 16 lap.

Hasil kualifikasi Asia Talent Cup Mandalika 2021 menempatkan pebalap Malaysia, Danial Sharil, di posisi pertama alias pole position. Di sesi kualifikasi, dia berhasil mencatatkan waktu tercepat, yakni 1 menit 47,946 detik. Danial pun cukup menyukai karakteristik Sirkuit Mandalika.

"Saya senang karena saya bisa mendapatkan pole position hari ini (13/11) dan di hari esok (Minggu) saya akan memulai balapan dari P1 (posisi pertama)," kata Danial dalam tayangan video di kanal YouTube Asia Talent Cup, yang diunggah Sabtu (13/11/2021).

Danial Sharil mengaku suka dengan layout Sirkuit Mandalika. Awalnya dia memang harus beradaptasi dulu di sesi latihan bebas, namun ketika dia sudah menemukan ritme membalap yang tepat, ia langsung mem-push motornya di sesi kualifikasi untuk mendapatkan catatan waktu tercepat.

"Saya suka dengan track (Sirkuit Mandalika) ini, karena memiliki banyak tikungan cepat dan saya hanya menggunakan sedikit rem. Ya saya senang dengan hasil (kualifikasi) hari ini, dan besok (Minggu) saya akan fokus untuk podium," sambung Danial.

Sebagai informasi, sesi race Idemitsu Asia Talent Cup akan dilaksanakan hari ini, Minggu (14/11/2021) dengan race 1 akan dilangsungkan pukul 11.00 WIB dan race 2 diselenggarakan pada pukul 15.00 WIB. Tayangan live streaming Asia Talent Cup Mandalika bisa disaksikan di Facebook dan YouTube Asia Talent Cup.

[Gambas:Youtube]



(lua/riar)