11 Rekor Quartararo Usai Juara MotoGP, Ada yang Salip Catatan Rossi

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 25 Okt 2021 12:47 WIB
Moto GP World Champion Frances rider Fabio Quartararo of the Monster Energy Yamaha MotoGP celebrates after finishing fourth the MotoGP race of the Emilia Romagna Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Oct. 24, 2021. (AP Photo/Antonio Calanni)
Fabio Quartararo juara dunia MotoGP 2021 Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

Fabio Quartararo jadi kampiun baru MotoGP 2021. Sejumlah rekor tersaji usai rider asal Prancis ini menjadi pemenang di kelas utama, berikut rangkumannya.

Fabio Quartararo, baru berumur 22 tahun sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021, Minggu (24/10). Kendati hanya finis di posisi empat sudah cukup mengantarnya jadi pemenang baru.

Pebalap berjuluk 'El Diablo' ini sudah mengumpulkan 257 poin. Quartararo dipastikan jadi juara karena berjarak 65 poin dari rival terdekatnya, Pecco Bagnaia, sementara balapan hanya menyisakan 2 seri lagi.

Ini gelar juara dunia pertama yang berhasil didapatkan Fabio Quartararo di bawah bendera Yamaha. Sementara pabrikan Yamaha akhirnya membatalkan puasa gelar, sejak kemenangan terakhirnya pada 2015 silam.

Tidak hanya gelar juara, Quartararo juga menorehkan catatan emas saat kemenangan perdananya di kelas MotoGP. DetikOto telah merangkum prestasi Fabio Quartararo seperti dikutip dari MotoGP, salah satunya bahkan mengalahkan rekor Rossi;

  • Fabio Quartararo adalah pebalap termuda keenam yang meraih gelar juara dunia kelas utama. Dia berusia 22 tahun, 187 hari pada hari balapan GP Emilia Romagna, di belakang John Surtees (22 tahun, 182 hari) dan di depan Valentino Rossi (22 tahun, 240 hari).
  • Pada era MotoGP (1.000 cc), Quartararo adalah pebalap termuda ketiga yang meraih gelar juara, di belakang Marc Marquez (20 tahun, 266 hari) dan Casey Stoner (21 tahun, 342 hari).
  • Quartararo menjadi pebalap termuda Yamaha yang meraih gelar juara dunia kelas premier mengungguli Jorge Lorenzo yang berusia 23 tahun 159 hari saat merebut gelar di Malaysia pada 2010.
  • Quartararo menjadi pebalap Prancis pertama yang meraih gelar juara dunia kelas utama dan ketujuh secara keseluruhan dalam balap GP bersama dengan Johann Zarco (2 gelar), Mike Di Meglio (1), Arnaud Vincent (1), Olivier Jacque (1), Christian Sarron (1) dan Jean-Louis Tournadre (1).
  • Dengan merebut gelar MotoGP, Quartararo menghentikan dominasi pebalap Spanyol: enam dengan Marc Marquez, dua dengan Jorge Lorenzo dan satu dengan Joan Mir.
  • Quartararo menjadi pebalap Yamaha pertama yang meraih gelar juara dunia kelas utama sejak Jorge Lorenzo pada tahun 2015. Dia jadi pebalap ketujuh secara keseluruhan, bersama dengan rider Yamaha lain seperti; Giacomo Agostini (1 gelar kelas utama), Kenny Roberts (3), Eddie Lawson (3), Wayne Rainey (3), Valentino Rossi (4) dan Jorge Lorenzo (3). Capaian Quartararo merupakan gelar ke-18 pebalap Yamaha di kelas premier.
  • Quartararo berada di urutan keenam dengan Max Biaggi dan Maverick Vinales. Ketiganya masuk dalam daftar pebalap Yamaha dengan kemenangan kelas utama terbanyak, dia berada di belakang Kenny Roberts (22 kemenangan). Valentino Rossi memimpin dengan 56 kemenangan kelas utama bersama Yamaha.
  • Dengan 20 podium kelas utama sejauh ini, Quartararo adalah pembalap Prancis dengan podium terbanyak di kelas di depan Christian Sarron (18 podium).
  • Dengan delapan kemenangan kelas utama sejauh ini, sejak kemenangan kelas utama perdananya di GP Spanyol 2020, Quartararo telah hampir tiga kali lipat jumlah kemenangan Prancis sebelumnya (satu untuk Regis Laconi, Christian Sarron dan Pierre Monneret).
  • Musim ini Quartararo telah berdiri di podium MotoGP lebih dari pebalap lainnya (10 kali), termasuk lima kemenangan. Ini adalah pertama kalinya pebalap Yamaha mencetak lima (atau lebih) kemenangan kelas utama sejak Jorge Lorenzo pada 2015 (tujuh kemenangan). Pembalap Yamaha terakhir dengan lebih dari 10 podium dalam satu musim adalah Valentino Rossi (15 podium) dan Jorge Lorenzo (12) pada 2015.
  • Selama tujuh tahun berturut-turut, Quartararo melanjutkan tradisi bahwa yang memenangkan juara dunia tidak berhasil memenangi balapan pembuka. Terakhir kali hanya Marc Marquez pada 2014.


Simak Video "Kata Joan Mir dan Quartararo Saat Rossi Pensiun dari MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)