Intip Spek Motor Sang Juara Dunia Fabio Quartararo, Seberapa Kencang?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 25 Okt 2021 09:35 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 14: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team heads down a straight during the MotoGP of Austria - Qualifying  at Red Bull Ring on August 14, 2021 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo juara dunia MotoGP 2021. (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Fabio Quartararo menjadi Juara Dunia MotoGP 2021. Crash yang dialami Francesco Bagnaia empat lap sebelum balapan tuntas membuat Quartararo resmi menjadi Juara Dunia.

Awalnya, Quartararo melakoni balapan MotoGP Emilia Romagna 2021 dengan berat karena start dari posisi 15. Rider asal Prancis itu sempat kesulitan melewati padatanya pebalap di awal race. Tapi, dia terus mencoba naik posisi hingga masuk 10 besar dan naik ke urutan keenam.

Sampai beberapa lap jelang balapan berakhir, Quartararo sebenarnya terlihat tak punya peluang mengunci gelar juara pada balapan ini. Itu lantaran Bagnaia, yang merupakan pesaing terdekatnya di klasemen pebalap, masih memimpin balapan.

Namun Bagnaia kemudian malah mengalami kecelakaan saat balapan tinggal menyisakan empat lap. Praktis, Quartararo langsung dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP 2021 usai finis di urutan keempat.

Sepanjang musim ini, Quartararo didukung oleh motor Yamaha YZR-M1 2021. Secara garis besar, mesin MotoGP 2021 tak jauh berbeda dengan musim lalu. Soalnya, ada aturan pembekuan pengembangan mesin di musim ini.

French driver Fabio Quartararo during the MotoGP Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, May 2, 2021. (AP Photo/Jose Breton)Fabio Quartararo. Foto: AP/Jose Breton

Dari sektor jantung pacu, motor tunggangan Quartararo ini menggendong mesin 1.000 cc berpendingin cairan dengan konfigurasi empat silinder segaris. Mesin itu mengadopsi sistem cross-plane crankshaft.

Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan tipe cassette dengan menyediakan rasio gir alternatif. Gabungan mesin dan transmisi itu mampu membuat motor menyemburkan tenaga hingga 240 daya kuda.

Sebagai penopang mesin yang cukup kencang itu, motor Yamaha YZR-M1 didukung oleh sasis tipe aluminium twin-tube Delta Box dengan steering geometry yang bisa disesuaikan. Motor ini menggunakan lengan ayun aluminium atau plastik diperkuat serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Polymer/CFRP).

Untuk menunjang stabilitas saat menikung, Yamaha mengadopsi sistem suspensi upside down dari Ohlins di depan. Sementara suspensi belakang juga pakai shock breaker Ohlins.

Yamaha YZR-M1 didukung velg Forged Magnesium berukuran 17 inci di depan dan belakang. Velg itu dibungkus ban Michelin berukuran 17 inci depan-belakang, tersedia dengan ban slick atau ban basah.

Yamaha M1 mengandalkan sistem pengereman Brembo dengan dua piringan karbonn di depan berukuran 320 mm atau 340 mm yang dilengkapi masing-masing kaliper empat piston. Sedangkan rem belakang hadir dengan piringan stainless-steel kaliper dua atau empat piston.

Yamaha YZR-M1 memiliki bobot 157 kg. Hal itu sesuai dengan regulasi FIM.



Simak Video "Kata Joan Mir dan Quartararo Saat Rossi Pensiun dari MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)