Jangan Kalah dari Mandalika, Bamsoet Mau Sirkuit Sentul Gelar MotoGP dan F1

Tim detikcom - detikOto
Senin, 11 Okt 2021 11:45 WIB
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ingin agar Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat, di-upgrade supaya bisa menggelar ajang balap bergengsi seperti MotoGP dan Formula 1 (F1). Kali terakhir Sirkuit Sentul menggelar balap internasional kelas tertinggi adalah pada periode 1996-1997 saat mesin MotoGP masih memakai spek mesin berkapasitas 500cc.

Indonesia hampir pasti menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2022 nanti. MotoGP Indonesia bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelum MotoGP, akhir tahun ini Sirkuit Jalan Raya Mandalika juga dipastikan menggelar balap Asia Talent Cup (ATC) dan World Superbike (WSBK).

Kembalinya balapan otomotif kelas tertinggi di Tanah Air, tepatnya di Sirkuit Mandalika, tentunya jangan sampai membuat sirkuit lain diabaikan. Contoh Sirkuit Sentul di Bogor, Jawa Barat. Kendati saat ini kondisinya belum layak lagi menggelar balap kasta tertinggi, sirkuit ini tetap penting karena menjadi saksi sejarah digelarnya ajang MotoGP (saat itu masih bernama Grand Prix (GP) pertama kali di Indonesia.

Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama sejumlah tokoh senior otomotif punya rencana untuk mengembangkan kawasan Sentul sebagai Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia. Karena di Sentul sudah terdapat dua sirkuit bertaraf internasional, yakni Sirkuit Internasional Sentul, Sirkuit Internasional Karting Sentul, dan kini juga sedang dibangun Stage Park Sentul.

"Untuk olahraga, Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai olahraga balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) dan juga MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah sementara balap motor dan gokart," kata tokoh yang akrap disapa Bamsoet, dalam unggahan di akun media sosial, Instagram-nya.

Adapun Stage Park Sentul yang pembangunannya diklaim sebentar lagi akan selesai, bisa digunakan untuk balapan sprint rally, speed offroad, adventure offroad, hingga motocross.

[Gambas:Instagram]


"Berbagai sarana dan prasarana akan ditingkatkan, sehingga (Sentul) bisa menjadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship ( APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga dunia motocross MXGP," sambung Bamsoet usai bertemu Tommy Soeharto, Komjen Pol (P) Budi Waseso dan Letjen TNI AM Putranto,di Kawasan Sultan Hambalang Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (9/10).

Bamsoet menambahkan, untuk mobilitas otomotif, di rangkaian ketiga sirkuit tersebut juga bisa dikembangkan menjadi Pusat Industri Modifikasi Otomotif, sehingga nantinya bisa memberikan nilai tambah karena tidak hanya menjadi balapan mobil saja.

"Banyak pelaku usaha modifikasi otomotif yang sedang mencari lokasi strategis. Dari segi akses maupun sejarah. Kawasan Sentul bisa menjadi salah satu jawaban. Secara sejarah, Sentul dan otomotif punya batin yang kuat," tukas Bamsoet.

(lua/riar)