Bukan 1, 2, atau 3, Rossi Punya 4 Tim Balap Sekaligus di Tiap Kelas MotoGP

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 28 Sep 2021 06:41 WIB
SKY VR46 Esponsoramas Italian rider Luca Marini rides during the first qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)
Valentino Rossi akan punya empat tim di seluruh kelas balapan Grand Prix tahun depan. (AFP/KARIM JAAFAR)
Jakarta -

Valentino Rossi akan pensiun sebagai pebalap di akhir musim 2021. Meski begitu, The Doctor tidak langsung meninggalkan dunia MotoGP karena dirinya bakal hadir di paddock bersama empat tim balap yang dimilikinya mulai tahun depan.

Pada musim MotoGP 2022, tim balap milik Valentino Rossi akan hadir pada tiga kelas berbeda mulai dari Moto3, Moto2, dan paling tertinggi yakni MotoGP. Rinciannya sebagai berikut, satu tim di kelas Moto3, satu tim di kelas MotoGP, dan dua tim hadir di Moto2.

Dikutip dari Ride Apart, pada kelas Moto3 tim balap milik Rossi akan bernama Avinta VR46 Riders Academy. Mengenai siapa rider yang bakal mengisi tim ini masih belum diumumkan, namun diprediksi pebalap yang didatangkan merupakan didikan dari VR46 Academy.

Sementara di kelas Moto2, The Doctor memiliki dua tim balap sekaligus yang akan tampil di musim depan. Tim balap pertama akan hadir dengan nama Aramco VR46, yang merupakan hasil kerjasama dengan raksasa perusahaan minyak asal Arab Saudi.

Untuk tim Aramco VR46 akan mengusung dua pebalap yakni Marco Bezzecchi dan Celestino Vietti. Kedua rider tersebut saat ini tengah membela tim Sky Racing Team VR46 di kelas Moto2.

Lalu, satu tim balap milik Rossi lainnya di kelas Moto2 akan menggantikan tim Petronas SRT. Hal ini menyusul dengan keluarnya Petronas sebagai sponsor utama, dengan begitu tim VR46 bersama Yamaha segera membentuk tim balap baru yang bernama Yamaha VR46 Master Camp Team mulai musim depan.

Terakhir datang dari kelas MotoGP, di mana tim balap VR46 sudah bekerja sama dengan Ducati sebagai pemasok motor mulai 2022 sampai 2024. Siapa rider yang akan mengisi tim balap VR46 di kelas MotoGP juga belum diumumkan. Namun dipastikan satu slot pebalap akan diisi oleh Luca Marini yang merupakan adik dari Rossi.

Sebagai informasi, Luca Marini pada musim ini tengah membela tim balap Sky Racing VR46 Avintia. Rider berusia 24 tahun ini mengoleksi 28 poin dan menempati posisi ke-20 klasemen sementara MotoGP 2021.



Simak Video "Aspal Sirkuit Mandalika Rampung 100%, Fasilitas Pendukung Kelar Akhir Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)