Start Paling Buncit, Andrea Dovizioso Merasa Aneh dengan Motor YZR-M1

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 19 Sep 2021 09:11 WIB
Andrea Dovizioso resmi bergabung ke tim Petronas Yamaha dan comeback di MotoGP 2021, Kamis 16 September 2021.
Andrea Dovizioso harus start paling buncit di MotoGP San Marino 2021 Foto: dok. Petronas Yamaha
Jakarta -

Andrea Dovizioso menjalani debutnya bersama Petronas Yamaha SRT. Rider Italia itu belum bisa tampil ciamik dalam sesi latihan bebas hingga kualifikasi di Sirkuit Misano, Italia.

Mantan pebalap Ducati ini belum menemukan kenyamanan saat bersama YZR-M1. Walhasil Dovizioso harus start dari posisi paling buncit saat mentas di MotoGP San Marino, Sirkuit Misano, Minggu (19/9/2021).

Dalam sesi kualifikasi Sabtu (19/9) kemarin, Andrea Dovizioso harus mendapatkan hasil dengan memulai balapan dari posisi ke-24. Dia hanya bisa mencatatkan waktu terbaik 1 menit 33,098 detik, posisinya percis di belakang Valentino Rossi.

Rider 35 tahun ini merasa sangat aneh saat menunggangi YZR-M1. Ya, sebab beberapa tahun belakangan dia lebih dekat dengan mesin V4 yang terpasang pada Ducati dan Aprilia. MotoGP San Marino jadi reuni bersama Yamaha baginya sejak berpisah pada tahun 2012.

"Sangat aneh, motornya sangat berbeda," kata Dovizioso seperti dikutip The Race, Minggu (19/9/2021).

Dovizioso merasa ukuran motor YZR-M1 sangat berbeda dengan Desmosedici. Dia perlu menyesuaikan posisi berkendara lagi.

"Motornya lebih besar dan lebih panjang dan jika Anda lebih kecil, itu memengaruhi. Saya harus beradaptasi, karena ini adalah motornya yang tidak bisa saya ubah," sambung Dovizioso.

Dovizioso terakhir mengendarai Yamaha pada 2012 di tim satelit Tech3. Dia mencatat ada beberapa kesamaan antara M1 spek 2019 yang dia pakai saat ini dan motor 2012.

[Gambas:Instagram]



"Namun, masih terlalu dini untuk membicarakan beberapa detail, saya masih harus lebih cepat," tambahnya.

"Tapi, ada banyak hal yang sangat mirip, tapi ini yang aku harapkan. Mentalitas orang Jepang seperti itu dan saya tidak terkejut. Saya pikir motor ini adalah yang terbesar dan terpanjang di kejuaraan, ini bukan tentang [dibandingkan dengan] Ducati atau Aprilia," jelas Dovizioso.

=====

MotoGP San Marino 2021 bisa disaksikan lewat tayangan streaming di detikOto dan juga disiarkan di Trans 7.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)