Rossi Sebut Vinales Kesulitan Jalani Debut dengan Aprilia, Begini Katanya

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 14 Sep 2021 09:53 WIB
Pebalap Aprilia Racing Team Gresini Maverick Vinales
Maverick Vinales bersama Aprilia RS-GP Foto: Instagram @aprilia
Jakarta -

Valentino Rossi menjadi saksi bagaimana Maverick Vinales menjalani kesulitan bersama Aprilia RS-GP. Sebab Rossi finis tepat berada di belakang Vinales di MotoGP Aragon 2021.

Maverick Vinales menjalani debut perdana bersama Aprila di MotoGP Aragon 2021. Dia tampil kurang menjanjikan dengan finis di posisi ke-18, dan tidak mendapatkan poin.

Beda dengan Aleix Espargaro, rekan setimnya di Aprilia ini start dari tempat keenam dan menyelesaikan balapan di posisi 4. Aprilia RS-GP yang dikemudikan Espargaro selisih 9,269 detik dari pemenang, Francesco Bagnaia.

Rossi selalu berada di belakang Vinales saat MotoGP Aragon 2021. Otomatis dia melihat langsung bagaimana kesulitannya Vinales mengendarai Aprilia RS-GP.

"Saya melihat Vinales banyak berkembang saat balapan, pada akhirnya dia memiliki kecepatan yang mirip dengan grup di depan," ujar Rossi seperti dikutip GPone, Selasa (14/9/2021).

"Saya merasa dia punya masalah di pengereman, ketika masuk tikungan, tapi Vinales adalah pebalap top, dia bakal berkembang," tambah Rossi.

Aprilia RS-GP merupakan motor berkonfigurasi V4 pertama yang digunakan Maverick Vinales. Sementara sejak memulai karirnya di MotoGP, pebalap berjuluk Top Gun ini selalu dimanjakan dengan mesin inline-four seperti GSX-RR (Suzuki), dan Yamaha YZR-M1.

Senada dengan analisa Rossi, Vinales merasakan perbedaan besar antara motor Aprilia dengan motor yang pernah ditunggangi sebelumnya.

"Aprilia lebih sulit dikendarai. Tapi saya tidak punya masalah, saya bisa menyelesaikan balapan tanpa masalah. Tapi motornya bergerak sedikit berlebih, sedikit lebih liar," kata Vinales dikutip Speedweek.

Vinales mengakui mengendarai motor Aprilia lebih melelahkan. Sebab, dia harus melakukan pengereman dengan cara yang menguras tenaga.

"Ini tentang pengereman, saya harus memompa (rem) sedikit lebih banyak dengan Aprilia. Itu juga membuat mengendarai Aprilia sedikit lebih menuntut secara fisik. Saya juga harus mengatur motor secara berbeda. Pengeremannya berbeda dan begitu juga cara Anda mengendarai waktu putaran cepat dengannya," ungkapnya.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)