Juara MotoGP Aragon, Bagnaia Kembalikan Harga Diri Rider Italia

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 13 Sep 2021 06:12 WIB
Jakarta -

Kemenangan Frabcesco Bagnaia menghapus dahaga publik Italia akan keberhasilan pebalapnya di ajang MotoGP. Untuk kali pertama di MotoGP 2021, ada rider Italia bisa memenangi balapan kelas paling bergengsi.

Bagnaia meraih kemenangan perdananya di kelas MotoGP pada MotoGP Aragon, Minggu (12/9) malam WIB. Keberhasilan besar tersebut dia raih melalui duel menegangkan dengan Marc Marquez, di mana Pecco pada akhirnya bisa menjinakkan keganasan Marquez yang sebelumnya dikenal sangat mendominasi Sirkuit Aragon.

Kemenangan pada MotoGP Aragon malam tadi juga mencatat rekor tersendiri buat Ducati. Ini adalah kemenangan pertama pabrikan asal Italia itu di Aragon sejak yang terakhir didapat Casey Stoner pada 2010.

Yang terakhir, kemenangan Bagnaia tentu saja mengharubirukan pendukung Italia. Soalnya ini menjadi kemenangan pertama rider Italia di MotoGP 2021. Dari 12 balapan yang sudah dilalui sebelumnya, rider Italia tak berdaya di hadapan pebalap lain.

Sebagai catatan, kali terakhir pebalap Italia memenangi MotoGP terjadi pada MotoGP Valencia 2020. Ketikat itu Franco Morbidelli berdiri di podium teratas.

Faktanya, di musim tersebut rider-rider Italia berulang kali menjadi juara. Morbidelli sendiri tiga kali jadi juara, selain itu ada juga Andrea Dovizio, dan Danilo Petrucci yang membuat bendera Italia berkibar di ajang MotoGP.

Sementara di tahun ini Fabio Quartararo (Prancis) mendominasi dengan sudah meraih lima kemenangan. Sisanya, rider Spanyol berhasil menang tiga kali (Marc Marquez, Jorge Martin, Maverick Vinales), Australia dua kali (Jack Miller), dan Portugal (Miguel Oliveira) serta Afrika Selatan (Brad Binder).

"Setiap pebalap butuh waktu. Di tahun pertama saya di ajang MotoGP saya selalu kesulitan, kecuali di Phillip Island. Tahun lalu kondisinya lebih baik. Tahun ini, saya melihat diri saya sendiri bisa meraih kemenangan, tapi selalu ada saja yang salah," ucap Bagnaia mengomentari kemenangan pertamanya di ajang MotoGP dikutip dari Corsedimoto.

(din/din)