Lihat Aksi Berbahaya Pilot Italia Terbangkan Pesawat Lewati Terowongan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 12 Sep 2021 09:13 WIB
Aksi Dario Costa memecahkan rekor penerbangan pesawat di terowongan
Aksi Dario Costa terbang melewati terowongan di Istanbul, Turki Foto: Samo Vidic/Red Bull Content Pool
Jakarta -

Seorang pilot asal Italia, Dario Costa, berhasil memecahkan rekor penerbangan pesawat terpanjang yang melalui terowongan pada Sabtu (4/9/21) silam di Istanbul, Turki.

Dario bukan hanya seorang pilot biasa, dia adalah seorang stunt pilot dan juga seorang pebalap profesional dari Red Bull. Dalam pemecahan rekor ini, dirinya berhasil melewati terowongan Çatalca sepanjang 2,26 km yang berlokasi di Northern Marmara Highway.

[Gambas:Youtube]

Dalam pemecahan rekor ini, Costa memulai penerbangan dari dalam terowongan pertama. Costa membawa pesawatnya melaju kencang, dan mulai terbang rendah di ujung terowongan.

Lalu momen kritikal berlangsung ketika pesawat sudah terangkat, Costa sudah keluar dari terowongan pertama dan mencoba mengatur posisi pesawat agar pas untuk masuk ke terowongan kedua, tempat ia mencatatkan rekor.

"Semuanya tampak terjadi begitu cepat, tetapi ketika saya keluar dari terowongan pertama, pesawat mulai bergerak ke kanan karena angin samping dan di kepala saya, semuanya melambat pada saat itu," papar Costa, dilansir dari kanal resmi Red Bull.

"Saya bereaksi dan hanya fokus untuk mengembalikan pesawat ke jalur yang benar untuk memasuki terowongan lain. Kemudian dalam pikiran saya, semuanya dipercepat lagi," lanjut Costa.

[Gambas:Youtube]

Akhirnya Costa berhasil masuk ke terowongan kedua dengan mulus dan mencoba mempertahankan pesawatnya agar tidak 'mentok' dengan atap terowongan.

Dengan kecepatan rata-rata 245 km/jam dan waktu kurang dari 44 detik, Costa berhasil keluar dari terowongan dan mencatatkan namanya di Guiness World Book of Record.

Dalam pemecahan rekor ini, Costa tercatat terbang dengan jarak minimal 70 centimeter dan maksimal 1,6 meter dari permukaan aspal. Pesawat yang digunakan oleh pilot berusia 41 tahun ini adalah Zivko Edge 540 V2 yang sudah dimodifikasi.

"Itu sangat melegakan, tentu saja, tetapi kebahagiaan besar adalah emosi utama. Bagi saya, ini adalah mimpi lain yang menjadi kenyataan," tutup Costa.



Simak Video "Aksi Pianis Jefri Setiawan yang Berhasil Pecahkan Rekor Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)