Motor Terpanjang di Dunia Disita, Ini Alasannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 07 Agu 2021 13:39 WIB
Motor terpanjang di dunia disita.
Motor terpanjang di dunia disita Foto: Pool (cartoq)
Jakarta -

Seorang pria di India memecahkan rekor membuat motor terpanjang di dunia. Totalnya, motor hasil modifikasi tersebut memiliki panjang total 4 meter. Namun, pemegang rekor motor terpanjang di dunia itu disita polisi.

Alasannya karena memodifikasi kendaraan dinilai ilegal untuk alasan keamanan. Padahal, kreasi Zakir Khan ini memegang Guinness World Records sebagai motor chopper terpanjang di dunia.

Motor chopper buatan tangan hasil karya Zakir Khan ini disita Regional Transport Office (RTO). Saat disita, motor itu tengah diparkir di bengkel ketika pejabat RTO datang untuk menyitanya.

Menggunakan motor modifikasi memang ilegal, tapi itu kalau dipakai di jalan raya. Motor terpanjang di dunia ini diamankan polisi dan membuat pemiliknya bingung karena motornya tidak dibawa ke jalan umum. Seharusnya, polisi tidak dapat menyita contoh modifikasi tersebut dari tempat-tempat pribadi seperti bengkel, showroom dan jalan tertutup seperti trek balap.

Pemilik motor terpanjang ini mengatakan, karena motornya disita dan polisi tidak memberikan alasan yang jelas, dia akan memprotes tindakan tersebut. Zakir Khan mengatakan bahwa dia akan mengumpulkan semua rekor yang dibuat oleh motor terpanjang ini dan akan membakarnya di depan RTO.

Zakir Khan juga telah mengidentifikasi seorang petugas RTO ketika mereka datang untuk mengambil kendaraan dari bengkelnya. Nama petugasnya Ranjith GT. Zakir telah menemukan bahwa Ranjith GT telah memasang banyak gambar dengan kendaraan yang dimodifikasi secara besar-besaran di platform media sosial.

Zakir Khan telah membuat video untuk mendesak komisaris RTO untuk mengembalikan motor chopper pemenang rekor tersebut.

Soal motor terpanjang ini, Zakir membuat motor ini hanya dalam 45 hari. Mesin Bajaj Avenger 220 telah dirancang agar sesuai dengan motor chopper ini. Mesin telah disetel ulang untuk menyajikan tenaga dan torsi yang lebih tinggi untuk motor yang panjang dan berat ini.

Suspensi depannya juga cukup panjang, 6 kaki atau sekitar 1,8 meter. Melengkapi kegaharan motornya, suara mesin begitu bergemuruh.

Untuk menyajikan tenaga, terdapat tangki bahan bakar dengan kapasitas 50 liter. Wajar saja, konsumsi bahan bakar motor yang dibuat lebih gede ini hanya 7 km/liter. Maklum, motor ini bobotnya mencapai 450 kg. Motor ini bisa dipacu sampai 120 km/jam.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Mobil Diesel Nggak Sengaja Isi Bensin, Apa Resikonya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)