ADVERTISEMENT

Sampai Seret Jorge Martin, Apa yang Bikin Marquez Jatuh?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 30 Agu 2021 17:31 WIB
Insiden Marc Marquez terjatuh di MotoGP Inggris 2021
Insiden Marc Marquez terjatuh di MotoGP Inggris 2021. Foto: twitter @MotoGP
Jakarta -

Balapan MotoGP Inggris 2021 menyajikan drama di lap awal. Marc Marquez terjatuh sampai menyeret Jorge Martin.

Marquez mengakui langkahnya terlalu optimistis. Marquez mengakui kecelakaan di tikungan 9 lap pertama ini murni kesalahannya. Dia mengatakan terjebak oleh Martin yang kembali ke racing line setelah melebar. Apa yang menyebabkan Marquez terjatuh?

Dari video tayangan ulang, Jorge Martin melebar menjelang tikungan 8. Namun, Martin kembali ke racing line di tikungan 9. Sementara Marquez yang tampaknya tak menyangka Martin bisa kembali ke racing line mencoba masuk menyalip Martin. Namun saat Marquez mencoba masuk untuk menyalip Martin, dia terjatuh dan menyeret Martin.

[Gambas:Video 20detik]

"Saya terlalu optimistis saat menyalip. Memang benar bahwa itu adalah situasi yang aneh karena (Fabio) Quartararo dan Martin melebar, sangat melebar, dan saya menduga Martin lebih melebar," kata Marquez dikutip Motorsport.

"Yang saya lakukan hanyalah bersiap untuk menikung, lalu saya tegakkan motor (saat mencoba menyalip Martin dari sudut dalam tikungan) karena tidak sempat ganti gigi dua," ucap Marquez.

Menurutnya, yang menyebabkan motornya terjatuh karena kesalahan perhitungan Marquez. Dia sempat ganti gigi ke gigi dua tapi tidak sempat mengubah ke gear tiga.

"Saya ganti ke (gigi) dua tetapi saya tidak punya waktu untuk ganti ke gigi tiga, jadi perhitungannya tidak benar, jadi itu sepenuhnya kesalahan saya," katanya.

"Memang benar itu lap pertama, saya terlalu optimistis. Kesalahan saya, saya minta maaf kepada Martin, kepada tim Pramac. Tapi balapan terkadang seperti ini dan hari ini adalah kesalahan saya."

Martin sendiri menerima permintaan maaf Marquez. Tapi dia masih kecewa karena balapannya dihancurkan oleh Marquez.

"Saya tidak tahu mengapa dia menegakkan motornya lagi (saat mencoba menyalip Martin dari sudut dalam tikungan). Karena dia bisa bergerak, dia sudah berada di dalam. Tapi saya tidak tahu mengapa dia melebar dan kemudian mendorong saya keluar," kata Martin.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT