Andrea Dovizioso Dikontrak Petronas Yamaha, Begini Kata Valentino Rossi

Doni Wahyudi - detikOto
Senin, 30 Agu 2021 08:49 WIB
Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso pada konferensi pers seusai balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (30/10/2016).
Andrea Dovizioso akan gabung ke tim Petronas Yamaha SRT. Begini komentar Rossi. Foto: detikSport/Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP akhirnya punya skuat yang komplet lagi. Seiring Andrea Dovizioso yang dikontrak Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dapat promosi menggantikan Maverick Vinales.

Yamaha mengumumkan kesepakatan dengan Dovizioso sebelum digelarnya MotoGP Inggris, Minggu (29/8) kemarin. Dalam pernyataannya, Yamaha mengatakan sudah ada 'verbal agreement' dengan rider asal Italia itu.

Sejurus dengan kedatangan Dovi, Franco Morbidelli dapat promosi naik ke tim pabrikan. Dia mengisi satu motor Yamaha yang sebelumnya dipunya Maverick Vinales.

Sebagaimana diketahui, Vinales dan Yamaha sepakat untuk berpisah lebih cepat setelah MotoGP Austria, dua pekan lalu. Hubungan keduanya terus bertambah buruk seiring beberapa peristiwa yang terjadi di dalam dan luar lintasan.

Kembali ke Andrea Dovizioso, ini bukan kali pertama dia membela Yamaha. Dia pernah menjadi rider tim satelit Yamaha juga, namun ketika itu bernama Monster Tech3 Yamaha.

"Rencananya adalah kami memiliki Morbidelli untuk membalap bersama tim pabrikan dan Dovizioso bersama tim satelit mulai dari Misano dan juga untuk tahun 2022," kata bos Yamaha, Lin Jarvis dikutip dari situs resmi MotoGP.

Komentar Rossi soal Kedatangan Dovizioso

Dikontraknya Dovizioso membuat Petronas Yamaha kembali diisi duo Italia. Jika sebelumnya terdiri dari duet rider senior dan junior, kini keduanya adalah rider gaek penuh pengalaman.

Sepanjang kariernya di MotoGP sejak 2008, Dovi sudah menjalani 229 balapan dan meraih 15 kemenangan serta 62 kali naik podium. Sedangkan Rossi sudah melakoni 365 start MotoGP dan mengumpulkan 89 kemenangan.

"Saya gembira Dovi akan datang, kami punya hubungan yang baik. Dia pebalap dengan pengalaman sangat banyak. Jadi saya menantikan kedatangan dia," ucap Rossi dikutip dari Corsedimoto.

"Morbidelli memakai seragam biru (di tim pabrikan Yamaha)? Dia lebih bahagia lagi," lanjut Rossi.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)