Bekal Nonton MotoGP Malam Ini: Sejarah dan Rekor MotoGP di Sirkuit Silverstone

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 29 Agu 2021 14:03 WIB
Yamaha French rider Fabio Quartararo rides his motorbike during the second MotoGP free practice session of the motorcycling British Grand Prix at Silverstone circuit in Northamptonshire, central England, on August 27, 2021. (Photo by Adrian DENNIS / AFP)
Aksi pebalap Yamaha, Fabio Quartararo di Sirkuit Silverstone pada sesi latihan bebas Foto: AFP/ADRIAN DENNIS
Jakarta -

Sebelum menyaksikan MotoGP Inggris 2021 nanti, detikOto mau memberi kalian bekal dan merangkum sejarah serta rekor MotoGP di Silverstone. Simak ya!

Britania Raya memang terkenal dengan animo balap motornya. Tentu jauh sebelum Sirkuit Silverstone ini, ada sirkuit Isle of Man TT yang sudah menggelar balap kelas dunia sejak 1949. Namun kita tidak akan melebar dan fokus kepada MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone.

Layout Sirkuit Silverstone di tahun 1975Layout Sirkuit Silverstone di tahun 1975 Foto: dok. Silverstone

Dilansir dari laman resmi Silverstone, sirkuit yang punya panjang 5,9 km ini, pertama kali menggelar ajang balap pada 2 Oktober 1948.

"Akhir Perang Dunia Kedua telah meninggalkan Inggris tanpa trek balap utama tetapi banyak lapangan terbang. Pada 2 Oktober 1948, Royal Automobile Club menjadi tuan rumah Grand Prix Inggris pertama di Silverstone, di bekas pangkalan RAF," tulis Silverstone.

Jauh setelah itu, tepatnya pada 1977, MotoGP datang ke sirkuit ini dan British Grand Prix menjadi seri penutup MotoGP musim itu.

Pada 1977, MotoGP masih memainkan kelas 500cc sebagai kelas tertingginya. Pebalap asal Amerika Serikat, Pat Hennen dengan motor Suzukinya sukses meraih podium juara dengan catatan waktu 45'31.960.

"Dari 1988 hingga 2009, balap Kejuaraan Dunia pindah ke Donington Park, tetapi kembali ke Silverstone pada 2010 setelah jeda 23 tahun," tulis MotoGP di laman resminya.

Layout Sirkuit SilverstoneLayout Sirkuit Silverstone saat ini Foto: Ilustrasi: MotoGP

Sirkuit ini sempat beberapa kali mendapat ubahan. Namun di 2010, Silverstone mengubah layout sirkuitnya dan menjadikan sirkuit ini semakin menarik untuk gelaran balap motor.

"Benar-benar diubah dalam beberapa tahun terakhir, investasi jutaan pound dikucurkan untuk peningkatannya. Hal ini, menjadikannya salah satu trek tercepat di kalender MotoGP dan mendapatkan pujian yang tinggi dari pembalap kejuaraan dunia yang menikmati tata letak baru (layout)," tulis MotoGP.

Meskipun MotoGP belakangan didominasi oleh pebalap asal Italia dan Spanyol, nyatanya banyak nama-nama besar yang lahir dari tanah Britania Raya ini.

"Inggris telah menghasilkan beberapa pembalap terbaik dalam sejarah Kejuaraan Dunia. Dari Mike Hailwood dan John Surtees hingga Phil Read dan Barry Sheene yang legendaris," tulis MotoGP.

Di musim 2021, Cal Crutchlow tercatat jadi satu-satunya pebalap asal Inggris yang akan balap di Sirkuit Silverstone.

Sementara untuk kelas Moto2 ada Sam Lowes dan di Moto3 ada John McPhee yang akan balap di tanah kelahirannya.

Nah, sebelum menjadi seri ke-12 seperti saat ini, MotoGP Inggris awalnya menjadi seri pamungkas. Lalu, sempat juga MotoGP Inggris menjadi seri awal atau seri ke-6.

MotoGP Inggris juga terkenal sebagai seri yang kelabu khas cuaca di Inggris. Makanya tak heran di 2018, lalu MotoGP Inggris dibatalkan karena hujan lebat yang menyebabkan air menggenang di Sirkuit Silverstone.

Untuk urusan rekor, sejak sepuluh tahun lalu Yamaha tercatat menjadi motor yang tidak pernah absen dari podium. Dimulai dari 2011, ada Collin Edwards yang menempati podium ke-3 hingga 2019 ada Maverick Vinales yang juga finis di podium ke-3.

Sejak sepuluh tahun terakhir juga, Honda tercatat hanya dua kali absen dari podium. Tepatnya di MotoGP Inggris 2015 dan 2017.

Sedangkan untuk MotoGP Inggris terakhir, tentunya momen di tikungan terakhir dan di lap terakhir tidak akan terlupakan bagi pecinta MotoGP. Pasalnya ada aksi Alex Rins yang menyalip Marc Marquez dan membuat dirinya finis di urutan terdepan.

MotoGP Inggris hari ini bagaimana? Akankah rekor 10 tahun Yamaha di podium MotoGP Inggris akan tumbang? Atau ada aksi pebalap Suzuki saling kejar lagi dengan pebalap Honda? Tentunya MotoGP Inggris selalu menarik untuk dinanti.

Catatan Kemenangan dan Rekor MotoGP Inggris

2011: Casey Stoner - Repsol Honda Team
2012: Jorge Lorenzo - Yamaha Factory Racing
2013: Jorge Lorenzo - Yamaha Factory Racing
2014: Marc Marquez - Repsol Honda
2015: Valentino Rossi - Movistar Yamaha MotoGP
2016: Maverick Vinales - Team Suzuki Ecstar
2017: Andrea Dovizioso - Ducati Team
2018: Dibatalkan
2019: Alex Rins - Team Suzuki Ecstar
2020: Tidak masuk kalender MotoGP

Alll Time Lap Record: 2019 Marc Marquez - 1'59.936
Top Speed: 2021 Jack Miller 335.4 km/jam

Kemenangan Terbanyak: Jorge Lorenzo - 3 kali
Pole Position Terbanyak: Marc Marquez - 5 Kali



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)