Tes Pramusim Jadi Pemanasan Sirkuit Mandalika Gelar Balapan MotoGP 2022

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 29 Agu 2021 06:12 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sirkuit Mandalika akan menggelar tes pramusim MotoGP 2022 (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta -

MotoGP resmi menunjuk Sirkuit Mandalika untuk menggelar tes pramusim tahun depan. Ini dianggap jadi ajang yang tepat buat sirkuit dan seluruh pihak yang terkait untuk melakukan pemanasan sebelum digelarnya balapan sebenarnya.

Sebelumnya diberitakan, Sirkuit Mandalika telah terpilih untuk menggelar sesi tes pramusim bagi pebalap MotoGP di musim 2022. Indonesia menjadi negara kedua yang dipilih sebagai lokasi latihan pramusim, yang pertama adalah Malaysia.

Tes pramusim di Sirkuit Mandalika rencananya dijadwalkan pada Februari 2022, tepatnya di tanggal 11-13 Februari. Meski sudah resmi menggelar tes pramusim, namun Indonesia belum dipastikan akan masuk ke kalender balap MotoGP tahun depan, seiring belum dirilisnya jadwal resmi dari Dorna.

Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA (Mandalika Grand Prix Association) mengungkapkan, masuknya Sirkuit Mandalika ke dalam kalender pramusim MotoGP 2022 merupakan hal positif. Walau hanya sebatas pramusim, namun ajang ini akan digunakan sebaik mungkin oleh para tim dan pebalap untuk menguji motor barunya di lintasan. Sementara untuk pihak penyelenggara ini jadi momentum mempersiapkan diri, melakukan pemanasan sebelum race sebenarnya dihelat.

Sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan rangka lampu start pada proyek pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.Sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan rangka lampu start pada proyek pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

"Pertama-tama kami merasa ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia dan sebuah kehormatan bagi kita Mandalika dijadikan sirkuit untuk bisa melakukan uji coba atau tes pramusim MotoGP 2022," kata Happy saat dihubungi detikcom, Sabtu (28/8/2021).

"Bagaimana tidak, pramusim adalah tes yang sangat penting untuk memulai sebuah musim balap di mana semua teknologi akan tumpah ruah di Sirkuit Mandalika. Dari semua pabrikan sepeda motor dan semua pembalap MotoGP akan hadir, serta produsen yang mendukung event balap di MotoGP," ungkapnya.

Untuk menyambut tes pramusim yang digelar tahun depan, sejumlah sarana infrastruktur Sirkuit Mandalika terus dikejar pembangunannya. Selain itu, pelatihan terhadap petugas dan relawan juga dilakukan agar memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh FIM.

Kondisi terbaru Sirkuit MandalikaKondisi terbaru Sirkuit Mandalika Foto: Mandalika Grand Prix Association

Happy menyebut jika ada sejumlah sektor lainnya yang tengah dipersiapkan oleh MGPA. Seperti management traffic yang direncanakan sebaik mungkin demi melancarkan tes pramusim atau saat perlombaan MotoGP berlangsung.

"Management traffic yang sedang kami siapkan akan bekerja sama dengan Kemenhub, Pemda dan ITDC. Bea cukai untuk arus keluar masuk barang dan tentu saja imigrasi akan dipantau, karena kita akan kedatangan kru dari WSBK (World Superbike) atau MotoGP yang masuk ke Indonesia," jelasnya.

"Selain itu, masih ada beberapa hal lainnya yang sedang MGPA siapkan untuk kelancaraan event WSBK dan tes pramusim MotoGP serta event race MotoGP itu sendiri di tahun 2022 mendatang," pungkas Happy.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)