Vinales Diskors, Yamaha Siapkan Crutchlow Sebagai Penggantinya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 15 Agu 2021 11:13 WIB
Cal Crutchlow.
Vinales diskors, Crutchlow jadi penggantinya? Foto: Twitter @YamahaMotoGP
Jakarta -

Maverick Vinales diskors Yamaha karena tindakannya yang berpotensi membuat mesin M1 rusak. Akhir pekan lalu, Vinales menggeber-geber motornya sampai rev limiter. Cara itu dikhawatirkan membuat mesin jebol sehingga membahayakan bagi Vinales dan pebalap lainnya.

Rumornya, skors Vinales tak cuma di MotoGP Austria akhir pekan ini. Kabar yang beredar, Vinales berpotensi tidak lagi balapan dengan Yamaha di sisa musim ini. Vinales sendiri sudah mengumumkan akan mengakhiri kontrak dengan Yamaha. Artinya, musim ini akan menjadi musim terakhir Vinales di Yamaha.

"Mengingat kepastian pernyataan Yamaha terkait klaimnya akhir pekan lalu, sepertinya skors Vinales akan dibuat permanen dalam beberapa hari mendatang," tulis The Race.

Kabarnya Cal Cructhlow yang menjadi test rider Yamaha akan menggantikan Vinales di sisa balapan musim ini. Crutchlow sendiri telah direkrut untuk menggantikan Franco Morbidelli yang cedera.

"Crutchlow tampaknya akan bergabung dengan tim pabrikan bersama Quartararo, yang berpotensi menyelesaikan sisa musim 2021 bersama pemimpin kejuaraan (Quartararo)," sebut The Race.

Dilansir Crash, langkah Cruthclow menggantikan Vinales sudah disepakati. Pebalap Moto2 Jake Dixon mungkin akan diterjunkan untuk mengisi peran Crutchlow yang menggantikan Morbidelli.

Namun, Crutchlow menegaskan belum ada pembicaraan terkait kabar menjadi pengganti Vinales. Tapi, dia mengakui diskusi dengan Yamaha kemungkinan akan terjadi pada waktunya.

"Situasinya adalah saya bahkan belum membicarakannya dengan Lin [Jarvis] atau Maio [Meregalli] sama sekali. Dan itulah jawaban yang sebenarnya. Jangan percaya apa yang Anda baca! Itu tidak selalu benar," kata Crutchlow tentang kabar menggantikan Vinales.

"Tapi ya, saya adalah pembalap Yamaha yang dikontrak. Saya yakin saya akan mendiskusikan beberapa hal dengan Lin dan Maio pada waktunya. Saya memiliki hubungan yang baik dengan Lin dan Miao dan Sumi dan Yamaha. Ini berjalan sangat baik. Saya senang dengan cara kami bekerja dan saya pikir kami menemukan sesuatu hari ini.

Crutchlow menegaskan dirinya tidak menandatangani kontrak untuk balapan selama sisa tahun ini.

"Ya, seperti yang kita tahu, saya memiliki sesuatu (dalam kontrak) tentang mengganti pebalap Yamaha, tetapi mengganti untuk sisa tahun ini adalah cerita lain. Seperti yang saya katakan, saya memiliki hubungan kerja yang baik dengan Yamaha. Kami akan mendiskusikannya, dan saya pikir kami akan memilih hal yang benar. Dan pertama-tama saya akan berbicara dengan keluarga saya sebelum saya melakukan hal lain," ucapnya.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)