Usai Crash dan Motornya Terbakar, Lorenzo Savadori Dipastikan Absen di MotoGP Austria

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 11 Agu 2021 17:46 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 14: Lorenzo Savadori of Italy and Aprilia Racing  rounds the bend during the qualifying for the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 14, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Lorenzo Savadori akan absen di MotoGP Austria, akhir pekan ini (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Lorenzo Savadori berhasil menjalani operasi pada bagian pergelangan kaki setelah mengalami kecelakaan di MotoGP Styria. Harus menjalani pemulihan sementara waktu, dia dipastikan melewati seri MotoGP Austria, pada akhir pekan ini.

Cedera yang dialami Savadori didapat saat dia menghantam motor Dani Pedrosa dalam seri MotoGP Styria akhir pekan lalu. Kejadian ini terjadi saat balapan baru berlangsung tiga lap, di mana saat masuk tikungan ketiga Pedrosa kehilangan kendali atas motornya dan jatuh.

Sebenarnya, crash yang dialami Dani Pedrosa ini tidak terlalu parah. Namun akibat kejadian itu motor Pedrosa tergeletak di tengah trek.

Sejumlah rider berhasil melewati KTM tunggangan Pedrosa, namun tidak dengan Savadori. Nahas, dia tidak bisa mengelak dan menghantam motor Pedrosa sampai menyebabkan terpental ke depan. Dari kejadian tersebut motor kedua rider terbakar.

Akibat insiden ini, Lorenzo Savadori sempat ditandu keluar sirkuit dan langsung dilarikan ke Medical Centre. Rider asal Italia ini kemudian didiagnosis mengalami patah pergelangan kaki dan segera dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Dikutip dari Motorsport, tim Aprilia memberikan pernyataan resmi usai Savadori menjalani operasi. Dikabarkan, Savadori dalam kondisi baik pasca operasi dan saat ini membutuhkan waktu untuk menjalani pemulihan.

"Lorenzo Savadori telah menjalani operasi sore ini di Azienda Ospedaliero, Universitas di Parma, Italia," tulis pernyataan tersebut.

"Prosedur operasi ini telah dilakukan oleh Prof. Francesco Pogliacomi dengan Dokter Luca Guardoli dan Emanuele Ciccarone, anggota tim yang dipimpin oleh Prof. Enrico Vaienti, dengan dukungan dari Dokter Michele Zasa."

"Operasi telah berhasil dengan sempurna dan pebalap akan segera menjalani pemulihan, ini dilakukan untuk persiapan kembali balapan secepat mungkin," tutup pernyataan itu.

Dalam unggahan foto di akun Instagram pribadi Savadori @sava32 terlihat dirinya bahagia pasca operasi yang dijalani. Namun, pebalap berusia 28 tahun itu perlu bersabar untuk bisa kembali membalap di lintasan.

Savadori dipastikan akan absen dalam seri MotoGP Austria akhir pekan ini. Jika pemulihannya berlangsung cepat, Aprilia memprediksi Savadori bisa kembali tampil pada MotoGP Inggris akhir Agustus mendatang.



Simak Video "Kata Joan Mir dan Quartararo Saat Rossi Pensiun dari MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)