Joan Mir Girang, Holeshot Device Bikin Suzuki Kini Sejajar Honda, Yamaha, dan Ducati

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 10 Agu 2021 17:34 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 15: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  heads down a straight during the MotoGP of France - Qualifying at Le Mans on May 15, 2021 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir senang bukan kepalang karena motor Suzuki sudah memiliki holeshot device.Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, tak bisa menutupi perasaan senangnya usai mendulang hasil positif di MotoGP Styria 2021, Austria, akhir pekan lalu. Mir berhasil finis kedua yang membuatnya masuk 3 besar klasemen pebalap sementara.

Pebalap asal Spanyol itu sangat gembira karena Suzuki sudah menanamkan holeshot device di motornya pada paruh kedua MotoGP 2021. Karena alat tersebut, performa motor Suzuki GSX-RR sekarang disebut bisa setara dengan motor Honda, Yamaha, maupun Ducati.

"Saya selalu berusaha untuk naik podium (MotoGP). Terkadang berhasil dan terkadang tidak. Saya sangat senang bekerja untuk diri saya sendiri, tetapi terutama untuk tim. Mereka bekerja sangat baik di musim panas ini, ada peningkatan pada motor dan kami telah melihat bahwa kami lebih kuat," kata Joan Mir, dikutip dari Tuttomotoriweb, Selasa (10/8/2021).

Mir kembali menegaskan bahwa perangkat holeshot menjadi hal pembeda di motornya. "Saya menggunakannya seperti orang gila. Ini adalah alat yang membuat Anda sejajar dengan lawan Anda. Motor kami bukan yang terbaik dalam akselerasi, tapi tanpa holeshot situasinya lebih buruk," ucapnya.

"Dalam beberapa seri balapan pertama kami kalah terlalu banyak. Semua pebalap menggunakan (holeshot device), kecuali kami. Sekarang Suzuki telah melakukannya, dia sangat meyakinkan saya. Mereka ingin menang," sambung pebalap yang berstatus Juara Dunia MotoGP 2020 itu.

Sebagai informasi, perangkat holeshot device ini pertama kali diperkenalkan oleh Ducati pada 2019. Secara mekanis, holeshot device akan menurunkan bagian belakang motor untuk mengurangi gejala wheelie dan meningkatkan akselerasi saat start balapan.

Setelah fitur holeshot device diaktifkan, bagian belakang motor langsung turun secara signifikan. Cara kerja fitur ini dengan menekan kompresi suspensi belakang hingga ke titik maksimal. Itu membuat bagian belakang motor jadi rendah dan mengunci.

Perangkat telah berevolusi sejak sebagian besar pabrikan juga dapat menggunakannya saat keluar dari tikungan. Sementara Aprilia, Honda, Yamaha dan KTM juga memiliki perangkat holeshot depan untuk start balapan.

(lua/din)