Suzuki Sudah Pakai Holeshot, Joan Mir dan Alex Rins Bisa Bangkit di Paruh Kedua Musim?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 19:32 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 27: Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR and Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR (R) celebrate under the podium the podium at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Catalunya: Race during the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 27, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Alex Rins (kiri ) dan Joan Mir (kanan). Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Tim Suzuki Ecstar optimis Joan Mir dan Alex Rins bisa bersaing kembali di paruh kedua MotoGP 2021. Ini karena Suzuki sudah membuat inovasi baru dari sisi teknis, yang bisa membuat GSX-RR tampil lebih oke nantinya.

Seperti dilansir dari Tuttomotoriweb, motor Suzuki kini memiliki holeshot device sama seperti yang dimiliki oleh beberapa tim, seperti Yamaha, Ducati, Honda, serta Aprilia.

Manajer teknis Suzuki, Ken Kawauchi, menyatakan bahwa Mir dan Rins akhirnya dapat mengandalkan holeshot, di sisa kejuaraan dunia MotoGP 2021.

"Bahkan jika kami puas dengan motor 2021, selalu ada perbaikan yang harus dilakukan dan pengenalan perangkat ini akan membantu para pebalap kami membuat kemajuan. Bersaing dalam olahraga ini berarti terus-menerus dipanggil untuk mengembangkan solusi baru. Istirahat panjang memungkinkan kami untuk menganalisis setiap detail dan menerapkan ide-ide baru. Kami berharap akan ada efek di paruh kedua musim (MotoGP 2021)," ujar Ken.

Ken Kawauchi, menjamin bahwa Suzuki memiliki filosofi dan prinsip yang kuat dalam mengembangkan prototipe MotoGP. "Kami memiliki motor yang sangat seimbang dan ini adalah sesuatu yang kami inginkan selama pengembangan GSX-RR. Jika kita meningkatkan satu aspek, kita tahu bahwa kita mungkin kehilangan sesuatu di area lain. Kami mencoba menyusun paket yang bisa kompetitif di setiap trek," lanjut Ken.

Apa sih holeshot device itu? Perangkat ini pertama kali diperkenalkan oleh Ducati pada 2019. Secara mekanis, holeshot device akan menurunkan bagian belakang motor untuk mengurangi gejala wheelie dan meningkatkan akselerasi saat start balapan.

Setelah fitur holeshot device diaktifkan, bagian belakang motor langsung turun secara signifikan. Cara kerja fitur ini dengan menekan kompresi suspensi belakang hingga ke titik maksimal. Itu membuat bagian belakang motor jadi rendah dan mengunci.

Perangkat telah berevolusi sejak sebagian besar pabrikan juga dapat menggunakannya saat keluar dari tikungan. Sementara Aprilia, Honda, Yamaha dan KTM juga memiliki perangkat holeshot depan untuk start balapan.

(lua/din)