MotoGP San Marino Akan Dipadati Penonton Meski Pandemi COVID-19 Belum Reda

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 27 Jul 2021 17:36 WIB
MotoGP rider Valentino Rossi of Italy takes a curve during the San Marino Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Sept. 13, 2020. (AP Photo/Antonio Calanni)
Ilustrasi Penonton di MotoGP San Morino Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang masih menerpa sejumlah negara membuat beberapa penyelenggaraan seri MotoGP dibatalkan. Seperti MotoGP Australia dan seri MotoGP Thailand yang dinyatakan tidak akan menggelar MotoGP tahun ini. Namun, kabar baik datang dari seri MotoGP San Marino.

Dilansir dari Ride Apart, MotoGP San Marino rencananya akan tetap digelar dan dipadati penonton. Namun, jumlah penonton yang datang tetap akan dibatasi yakni hanya 50% dari kapasitas maksimal.

Dengan begitu, kapasitas penonton yang diperbolehkan menghadiri balapan MotoGP San Marino bisa dipastikan hanya sebanyak 23.000 orang saja, dan harus mengikuti protokol kesehatan demi keamanan bersama.

Rencananya, penonton yang hadir akan diarahkan ke tribun dan duduk di tempat yang sudah disediakan, dengan jarak tempat duduk yang sudah diatur mencapai satu meter untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Selain itu, area terbuka di halaman rumput akan ditutup untuk mencegah kerumunan yang tidak mematuhi aturan jaga jarak.

Setiap penonton yang memiliki tiket akan mendapatkan nomor kursi, agar tidak ada penonton tidak saling berebut tempat duduk dan memiliki jarak. Selain itu para penonton juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk memberi informasi seperti area tempat parkir, dan akan mendapatkan informasi jalan untuk menuju tribun serta nomor tempat duduk sesuai tiket yang dipesan.

MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 11: Fans look on in grandstand  during the MotoGP Of San Marino - Free Practice at Misano World Circuit on September 11, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 11: Fans look on in grandstand during the MotoGP Of San Marino - Free Practice at Misano World Circuit on September 11, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Selanjutnya untuk bisa menyaksikan seri MotoGP San Marino, para pengunjung juga wajib memiliki kartu Green Pass COVID-19 yang valid. Kartu ini menunjukkan jika pengunjung telah divaksinasi, negatif COVID-19 dalam 14 hari terakhir atau telah pulih dari COVID-19 dan dalam kondisi sehat.

Di dalam area penonton Sirkuit Misano juga disediakan fasilitas swab cepat. Hal ini agar memberikan keamanan bagi pengunjung yang datang dan bisa memeriksa langsung kondisi kesehatannya.

"Ini adalah kabar baik untuk bisnis, untuk olahraga dan untuk semua orang. Tentu ini membuat kami siap menerapkan keputusan Pemerintah dan sebanyak 23.000 kursi sudah disediakan," kata Luca Colaiacovo, Presiden Santa Monica SpA dilansir Moto.it.

"Kami siap untuk melaksanakan apa yang sudah direncanakan sebelumnya bersama Kementerian dan ditetapkan oleh pemerintah Wilayah Emilia-Romagna serta Federasi Sepeda Motor Italia," ujarnya.

Balapan MotoGP San Marino sendiri akan digelar pada 19 September 2021 mendatang dan memasuki seri ke-14 musim ini.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)