MotoGP Thailand Terancam Batal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 19 Jul 2021 18:05 WIB
This photo taken on May 17, 2017 shows an overview of the Chang International Circuit, Thailands first FIA Grade 1 approved motorsport race track, in the northeastern Thai province of Buriram.
A godfather of Thai politics is using cash and contacts to transform his once poor, forgotten rice-farming fiefdom into an unlikely sporting Camelot, complete with a football stadium and racetrack set to host the MotoGP. / AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA / TO GO WITH Thailand-politics-economy-sport, FEATURE by Sally Mairs
MotoGP Thailand terancam batal karena pandemi. Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha
Jakarta -

MotoGP Thailand 2021 terancam batal karena pandemi COVID-19. Gelaran MotoGP yang rencananya diadakan di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, pada Oktober mendatang itu kemungkinan ditunda.

Dilaporkan Bangkok Post, Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Phiphat Ratchakitprakarn, mengatakan pihaknya dan Dorna Sport sebagai promotor MotoGP akan segera membuat keputusan apakah balapan harus ditunda ke tahun depan untuk mengurangi risiko infeksi COVID-19.

"Ada kekhawatiran di kalangan pembalap asing karena Thailand masih mencatat tingkat kasus baru yang tinggi," katanya.

Phiphat mengatakan balapan MotoGP di negara lain juga telah dibatalkan. Meskipun, beberapa balapan MotoGP berlanjut tanpa penonton selama pandemi.

"Negara akan kehilangan peluang jika kami harus menjadi tuan rumah balapan pada Oktober tanpa penggemar olahraga. Jika ada pilihan menggelar balapan tanpa penonton atau menunda, kami lebih memilih untuk menunda," ujarnya.

Ini menjadi kali kedua Thailand menunda balapan MotoGP karena pandemi. Tahun lalu, pada Maret 2020, Thailand mundur dari gelara MotoGP dan menetapkan tanggal baru 10-12 Oktober 2021, sebelum dijadwalkan ulang pada 15-17 Oktober 2021.

Juli lalu, kabinet menyetujui perpanjangan lisensi menggelar MotoGP. Hal itu memungkinkan Thailand menjadi tuan rumah MotoGP selama lima tahun dari 2021-2025.

Dilaporkan Paultan, Phiphat Ratchakitprakarn, dalam konferensi pers mengatakan MotoGP Thailand yang dijadwalkan pada 17 Oktober 2021 dibatalkan dan dijadwal ulang untuk 2022.

MotoGP Thailand rencananya diadakan menjelang MotoGP Australia di Philip Island, yang juga telah dibatalkan. Sepertinya putaran MotoGP Malaysia akan mengikuti, karena Dorna tidak mungkin membawa seluruh sirkus MotoGP untuk satu putaran di Asia, serta Tes Musim Dingin yang biasa di Sepang.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)