Aleix Espargaro Ogah Satu Tim dengan Dovizioso di Aprilia, Ini Alasannya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 11 Jul 2021 09:55 WIB
ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 16:  Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team  speaks  in box during the free practice for the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 16, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Andrea Dovizioso. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Aleix Espargaro mengungkapkan jika dirinya ogah satu tim dengan Andrea Dovizioso di Aprilia musim depan. Dirinya mengatakan hal itu karena melihat penampilan Dovizioso sebagai pebalap penguji kurang optimal.

Andrea Dovizioso saat ini tengah cuti dari dunia balap MotoGP. Meski begitu, rider asal Italia tersebut mendapat tugas sebagai rider penguji untuk motor RS-GP milik Aprilia Racing Team Gresini.

Dovizioso telah mengikuti tes balap sebanyak tiga kali yang berlangsung di Valencia dan Misano. Selama periode tersebut, Aprilia mencalonkan nama Dovi sebagai salah satu rider untuk mengisi slot di kompetisi balap MotoGP 2022.

ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 24:  Aleix Espargaro of Spain and Aprilia Racing Team Gresini speaks with mechanics in box during the qualifying for the MotoGP of Teruel at Motorland Aragon Circuit on October 24, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Aleix Espargaro Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Namun, Aleix Espargaro yang juga merupakan pebalap dari tim Aprilia kurang setuju jika Dovizioso bergabung. Menurutnya, penampilan Dovizioso selama jadi rider tes balap kurang menonjol dan tidak kompetitif.

"Sulit untuk bisa mengembangkan motor karena, ketika sesuatu yang baru datang, Anda harus mengujinya. Mereka ingin saya melakukan beberapa tes selama liburan musim panas. Itu akan sangat membantu untuk bisa memiliki rekan tim yang lebih kuat atau di tim satelit nanti," kata Aleix Espargaro dikutip dari GP One.

"Dovizioso telah melakukan beberapa tes dengan kami, tetapi sejauh ini dia belum terlalu kompetitif dan sepertinya terlihat tidak ingin balapan. Saya penggemar beratnya, tetapi sulit untuk melihatnya sebagai rekan satu tim saya," ungkapnya.

Hal ini membuktikan jika Espargaro enggan punya rekan satu tim dengan Dovizioso. Dia malah berharap bisa berkumpul lagi dengan Maverick Vinales, yang musim depan sudah hengkang dari Yamaha.

Beberapa waktu lalu, Aleix Espargaro secara terang-terangan berharap jika Vinales bisa bergabung ke timnya. Apalagi Espargaro pernah menjadi partner Vinales di tim Suzuki Ecstar. Keduanya tampil dua musim di pabrikan asal Jepang tersebut, yakni pada 2015 dan 2016.

"Setelah adik saya Pol, dia adalah sosok terdekat yang saya punya di paddock. Kami memiliki hubungan dekat. Saya menghabiskan dua tahun dengannya di Suzuki dan saya tahu betapa bertalenta dirinya," ujar Espargaro.

ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 26:  Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates at the end of the MotoGP qualifying practice during the MotoGP of Netherlands - Qualifying at TT Circuit Assen on June 26, 2021 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Maverick Vinales Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Saya akan senang sekali mendapatkan dia sebagai rekan setim saya. Dia tahu bahwa dirinya dalam masa-masa sulit. Kita lihat saja apa yang terjadi nantinya," ujar Aleix Espargaro.

Namun, Top Gun sendiri membantah akan menyebrang ke tim Aprilia. Tapi dirinya tidak menutup kemungkinan untuk pindah setelah cabut dari Yamaha.

"Tidak, itu tidak benar," kata Vinales, dikutip dari Motorsport, Rabu (29/6/2021) saat disinggung soal rumor bergabung ke Aprilia.

Memang Vinales belum mengungkapkan kemana dirinya bakal berlabuh. Saat ini dia hanya ingin liburan, merehatkan pikiran sejenak.

"Untuk sekarang ini, saya mau pergi liburan musim panas dan kita lihat saja nanti," tegas Vinales.

(lua/lua)