Jika Valentino Rossi Hijrah ke Balap Mobil, Ferrari Ogah Gunakan Jasanya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 10 Jul 2021 17:41 WIB
Valentino Rossi Terjatuh di Sesi Kualifikasi MotoGP Catalunya, Sabtu (6/6/21)
Ilustrasi Valentino Rossi Foto: MotoGP
Jakarta -

Valentino Rossi berjanji menentukan masa depan dirinya usai paruh musim MotoGP 2021. Jika benar akan pensiun dari balapan motor, Rossi telah menyatakan niatnya untuk melanjutkan karirnya di dunia balap mobil. Namun, tim balap mobil Ferrari nampaknya enggan memakai jasanya.

Pada awal musim, Rossi mengatakan keputusan pensiun sebagai pebalap MotoGP akan ditentukan saat jeda musim panas berlangsung. Keputusan ini dibuat The Doctor dengan melihat penampilannya sepanjang paruh musim ini.

Meski demikian Rossi menyatakan tak akan langsung gantung helm dari dunia balap. Dirinya menyebut tertarik untuk bergabung dengan kompetisi balap mobil.

"Seperti yang saya katakan, ketika saya selesai di ajang MotoGP saya ingin kembali melanjutkan balapan dengan mobil," ujar Rossi dikutip dari Crash.

Bahkan, rider asal Italia tersebut mengaku merupakan penggemar balapan rally. Rossi juga menyebut bahwa pernah beberapa kali mengikuti kejuaraan balap mobil di sirkuit dengan menunggangi pabrikan ternama.

"Saya punya pengalaman dengan balap rally karena saya sangat fanatik. Saya juga pernah mengikuti kejuaraan dunia," ungkap The Doctor.

"Saya juga memiliki pengalaman balap dengan GT3 (mobil sport) yang merupakan kategori menarik karena diikuti banyak pabrikan ternama dari Ferrari, Porsche, Bentley hingga Aston Martin."

SCARPERIA, ITALY - MAY 30: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT  heads down a straight  during the MotoGP race during the MotoGP Of Italy - Race at Mugello Circuit on May 30, 2021 in Scarperia, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)SCARPERIA, ITALY - MAY 30: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT heads down a straight during the MotoGP race during the MotoGP Of Italy - Race at Mugello Circuit on May 30, 2021 in Scarperia, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Tapi saya tidak tahu harus mengikuti kejuaraan apa, karena ada sejumlah kejuaraan yang berbeda mulai dari Endurance hingga Le Mans 24 jam. Tapi saya berharap bisa balapan di sana suatu saat," katanya.

Mendengar ucapan Rossi yang berniat untuk mengikuti kompetisi balap mobil, tim Ferrari mengutarakan tidak ada niatan untuk menggaet The Doctor sebagai pebalap untuk kejuaraan selanjutnya.

Rossi sendiri memang pernah mengikuti kejuaraan balap GT3 di seri Gulf 12 Jam. Lalu, The Doctor juga pernah melakukan uji coba mobil balap F1 milik tim Ferrari tersebut. Tetapi, usianya yang memasuki 42 tahun membuat tim Ferrari berpikir dua kali untuk mengajaknya.

"Dengan segala hormat, saya yakin dia lebih tua dari pebalap Endurance saat ini dan kami akan menghadapi beberapa lawan yang sengit," ujar Antonello Coletta, selaku Tim Kepala GT Sports Ferrari dikutip Gazzetta dello Sport.

"Valentino (Rossi) pernah bersenang-senang saat mengikuti ajang balap GT, mungkin dia bisa mencoba kelas tersebut (di LeMans). Tapi, kami pikir sudah memiliki banyak pilihan pebalap untuk mengikuti kompetisi Hypercar, nantinya kami juga akan memilih dari sejumlah talenta muda," ungkapnya.

Tim balap Ferrari sendiri akan melakukan uji coba pada mobil Hypercarnya antara bulan Mei hingga Juni 2022. Jika dipastikan Rossi pensiun di akhir musim ini, tentu dia perlu mencari tim balap lain yang mau menampungnya.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)