Profil Raul Fernandez, Pebalap Muda yang Dijagokan Jadi Pengganti Vinales di Yamaha

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 30 Jun 2021 06:29 WIB
Pebalap Red Bull KTM Ajo, Raul Fernandez
Foto: Instagram @raulfernandez_25. Pebalap Red Bull KTM Ajo, Raul Fernandez.
Jakarta -

Maverick Vinales resmi pisah jalan dengan Yamaha. Pebalap berjuluk Top Gun itu memutus kerja sama dengan pabrikan garpu tala, kendati kontrak masih ada hingga 2022. Lantas siapakah figur paling pas untuk dijadikan suksesor Vinales di kelas MotoGP?

Beberapa rumor dari media luar negeri mengatakan jika Raul Fernandez merupakan sosok yang paling tepat untuk menggantikan Vinales. Pasalnya, rider dari tim Red Bull KTM Ajo itu tengah dalam performa impresif di kelas Moto2 2021.

Sebagai informasi, pebalap kelahiran tahun 2000 tersebut saat ini sedang berada dalam perburuan gelar juara dunia. Raul ada di peringkat dua klasemen sementara Moto2 dengan raihan 128 poin.

Dikutip dari Visordown, Yamaha ingin bergerak cepat untuk merekrut pebalap berusia 20 tahun itu. Namun tim biru mendapatkan rintangan karena KTM sendiri juga berminat kepada Fernandez dan terbuka kemungkinan memproyeksikannya sebagai rider KTM Tech3 di masa depan.

Sebagai informasi, saat ini KTM sedang menuai hasil dari proses pengembangan pebalap mudanya. Sebagai contoh, Miguel Oliveira dan Brad Binder yang sekarang berlaga di MotoGP merupakan bibit-bibit potensial yang dididik merek asal Austria tersebut.

Tak hanya di MotoGP, KTM juga punya talenta potensial di Moto2 dalam diri Remy Gardner dan Raul Fernandez, yang keduanya menghuni posisi satu dan kedua di klasemen sementara. Selain itu, di Moto3 KTM juga masih memiliki talenta muda, Pedro Acosta.

Gardner sendiri dikabarkan bakal naik kelas ke MotoGP dengan Tech3 Racing. KTM awalnya berencana untuk memberi Fernandez satu tahun lagi di Moto2 sebelum dipromosikan pada 2023. Namun, adanya minat Yamaha, ditambah musim luar biasa Fernandez yang kini sudah menorehkan tiga kemenangan, bisa membuat KTM berubah pikiran.

Untuk informasi, KTM bersama Ajo Motorsport bisa saja melepas Fernandez ke tim manapun, termasuk Yamaha. Asal Yamaha berani menebusnya dengan mahar € 500.000 atau sekitar Rp 8,7 miliar.

Profil Raul Fernandez

Dikutip dari laman MotoGP, Raul Fernandez memulai balapan saat berusia 11 tahun. Ia kemudian mengikuti ajang FIM CEV Repsol dan membalap di Red Bull MotoGP Rookies Cup.

Pada 2016 ia berada di urutan ketiga ajang Rookies Cup dengan dua kemenangan dan enam podium, ia pun meraih kemenangan di kejuaraan dunia junior Moto3 dan melakukan debut Grand Prix dengan finish di posisi 11.

2017 adalah tahun yang lebih sulit bagi Fernandez di FIM CEV Repsol, tetapi pada tahun 2018 pembalap Spanyol itu bangkit kembali dan memperoleh tiga kemenangan dan enam podium dalam perjalanan untuk memenangkan kejuaraan dunia junior FIM CEV Repsol Moto3.

Pada 2019, Fernandez naik kelas ke kejuaraan dunia Moto3 secara penuh bersama tim Angel Nieto. Ia terbukti bisa cepat belajar dan bisa finis di 10 besar pada akhir musim.

Di tahun 2020, Fernandez semakin menunjukkan potensinya dan meraih podium pertamanya di Sirkuit Aragon diikuti dengan kemenangan perdananya di MotoGP Eropa, dia juga meraih podium dan kemenangan lagi di seri terakhir di Valencia.

Pada 2021 Fernandez melanjutkan kariernya di ajang Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo. Ia pun tampil gemilang dan menjadi salah satu pebalap yang masuk dalam perburuan gelar juara dunia.

(lua/din)